Header Ads

Pulihkan Ekonomi Sektor Pariwisata, Kota Manado Bakal Terapkan Sistim Prokes Berbasis CHSE


Jurnal Manado - Meski sudah memasuki era New Normal tapi bukan berarti hidup bebas terlebih dalam normalisasi perekonomian seperti saat sebelum virus pandemi covid - 19 menyerang. Terbukti, seluruh sektor mengalami dampak buruk. Hal ini menjadi PR bagi pemerintah dalam memulihkan perekonomian masyarakat.


Satu langkah kongkrit yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam pemulihan ekonomi khususnya dibidang pariwisata adalah dengan menerapkan panduan pelaksanaan protokol kesehatan berbasis Cleanliness, Healthy, Safety and Environmental Sustainability (CHSE), bekerjasama dengan pemerintah pusat.


Wali kota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA  menjelaskan bahwa sosialisasi ini sangat penting dan strategis dalam penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE yang memiliki peran penting untuk membangkitkan sektor ekonomi di industri pariwisata dan industri kreatif yang ada di Kota Manado.


“ Nantinya melalui sosialisasi CHSE yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kota Manado, para pelaku usaha baik pariwisata dan industri kreatif bisa mendapatkan panduan dalam menyelenggarakan usaha wisatanya, “kata orang nomor 1 di kota manado.

Ditengah pandemi Covid-19 saat ini, sector pariwisata dan ekonomi kreatif harus kembali bangkit. Dan Pemkot Manado akan terus berupaya melakukannya, dengan tentanya penerapan protokol kesehatan sesuai standar CHSE dalam rangka memasuki era kebiasaan baru.

“Penerapan protokol kesehatan punya peran penting untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19. Protokol ini disusun untuk mendorong upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kesiapan destinasi dalam rangka adaptasi kebiasaan baru,” ujar Walikota GSVL.

Protokol kesehatan ini merupakan salah satu tindakan yang dilakukan Pemkot Manado untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan terhadap pariwisata di Kota Manado, karerna saat ini wisatawan akan mencari destinasi wisata yang aman dan bersih untuk menghindari penyebaran Covid-19.“Untuk itu kalau ada pelaku usaha parwisata yang tidak mau menerapkan CHSE, mereka sendiri yang akan rugi,” tegas Walikota GSVL.

(ramas/putri)


Diberdayakan oleh Blogger.