Komisioner Bawaslu Minut Salurkan Hak Suara


Jurnal Minut – Hari pencoblosan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta Walikota dan Bupati di sejumlah daerah di sulut.

Hampir seluruh warga melakukan hak suara mereka di setiap TPS yang disediakan oleh penyelenggara berdasarkan data kependudukan.

Pun dengan yang dilakukan oleh Komisioner Bawaslu Minut. Dimana Ketua Simon Awuy, Rocky Ambar dan Rahman Ismail, selaku penyelenggara pemilu, memberi contoh dengan datang ke TPS masing-masing bersama warga lainnya.

 

Ketua Bawaslu Simon Awuy mencoblos di TPS 1 Desa Kawangkoan Baru, Kecamatan Kalawat, sementara Rocky Ambar mencoblos di TPS 1 Desa Suwaan, Kecamatan Kalawat dan Rahman Ismail mencoblos di TPS 5 Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan.

 

Saat menggunakan hak pilih di TPS masing-masing, ketiganya mengikuti protap kesehatan pencegahan penularan Covid-19 di TPS, yakni cuci tangan, pakai masker, membawa pulpen dari rumah, pakai sarung tangan plastik sekali pakai dan dichek suhu tubuh.

 

Awuy memberi apresiasi kepada semua pihak, karena tingginya animo warga yang datang menggunakan hak pilihnya ke TPS, tanpa rasa takut terhadap Covid-19. Ini jadi indikasi bahwa sosialisasi oleh KPU, Bawaslu, Pemerintah, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama cukup berhasil.

 

“Sebagai penyelenggara, tentunya kami bersyukur karena tingkat partisipasi masyarakat pemilih cukup tinggi, ketakutan soal Covid-19 sepertinya tidak Nampak. Namun kami lihat kepatuhan warga terhadap protocol kesehatan sudah cukup bagus,” kata Awuy.

 

Usai mencoblos, ketiganya melanjutkan kegiatan dengan patroli pengawasan, berkeliling sejumlah TPS di Minut untuk memastikan Pilkada berjalan sesuai dengan tahapan yang diatur regulasi.(*ramas)

Diberdayakan oleh Blogger.