Iklan

10 Desember 2020, Desember 10, 2020 WIB
Last Updated 2020-12-10T14:35:34Z
EkonomiKesehatan

Ditengah Pandemi Ketum KADIN Sulut Akan Bangkitkan Perekonomian Melalui Pelaku Usaha

Advertisement


Jurnal Manado - Diakui Ketua Umum Kadin Sulut Rio Dondokambey bahwa saat ini semua aktivitas terganggu dengan adanya wabah pandemi virus covid - 19. Apalagi sektor ekonomi, dimana para pelaku usaha harus berjuang untuk menjaga usahanya agar tetap berjalan. 

Untuk itu, peran Kadin sangat diperlukan untuk memacu kembali geliat pelaku usaha terutama usaha mikro.

"Peran kadin disulut sangat diperlukan, terutama dalam mengangkat kembali pelaku usaha baik dalam bidang promosi atau dalam suport finansial,"  kata Rio Pengukuhan dan Pelantikan Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan dan Dewan Pengurus KADIN Provinsi Sulawesi Utara Masa Bakti 2020-2025 di Peninsula Hotel Manado, Kamis (10/12/2020) sore, oleh Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan Roestani Perkasa.


Ia juga berharap sinergitas dan koordinasi yang terus berjalan antara pengurus KADIN Provinsi dengan pengurus KADIN di Kabupaten/Kota di Sulut. Bukan hanya itu saja, sinergitas akan terus dilakukan dengan pemerintah daerah sebagai mitra KADIN, sehingga baik pemerintah maupun KADIN dapat melakukan terobosan dan lompatan-lompatan untuk peningkatan kualitas usaha mikro agar bisa memenuhi permintaan pasar baik regional, domestik maupun internasional.

“Tentunya, upaya-upaya ini dibarengi dengan kualitas produk lokal, sehingga dibutuhkan pelatihan-pelatihan dan ketrampilan dari pelaku usaha,” kata Rio.


Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE juga berharap KADIN Sulut boleh bersama pemerintah daerah memberikan ruang seluas-luasnya bagi para pelaku usaha di daerah untuk memajukan ekonomi Sulut.

“Pemerintah pusat telah menempatkan dana sebesar Rp 1 Triliun di Bank SulutGo dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di daerah. Hal ini kita dorong agar para pelaku usaha di daerah, khususnya UKM memperoleh dana untuk meningkatkan produksi mereka,” kata Olly.

Selain itu, Gubernur Olly mendorong pengusaha lokal untuk memanfaatkan peluang dengan dibukanya KEK Pariwisata Likupang, KEK Industri Bitung dan Kawasan Industri Bolmong (KIMONG).


Selain itu, Olly juga mengingatkan terkait dengan virus pandemi agar warga sulut terus menerapkan protokol kesehatan covid - 19, untuk memutus mata rantai penyebarannya.

"Kita semua berharap agar virus ini cepat berakhir sehingga kehidupan akan kembali bergeliat. Mudah - mudahan vaksin virus cepat terdistribusikan hingga ke sulut," pungkas Olly.(ramas)