Iklan

20 Januari 2021, 20:39 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:14:16Z
Politik

KPU Tetapkan Calon Terpilih Pilgub 2020


JurnalManado - Hari ini Kamis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menetapkan calon gubernur dan wakil gubernur Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) sebagai calon terpilih pilkada 2020.


 Sebelum penyerahan berita acara didahului dengan pembacaan berita acara yang dilakukan Komisioner KPU Sulut Yessy Momongan. 


“Menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan tahun 2020 pasangan calon nomor urut 3 atas nama Olly Dondokambey dan Steven Kandouw dengan perolehan suara 821.503 sebagai pasangan terpilih,” ucap Momongan.

Kemudian mengumumkan hasil penetapan pasangan calon di laman dan papan pengumuman KPU Sulut. 


Berita acara tersebut diserahkan KPU Sulut disaksikan Bawaslu Sulut pada pasangan calon nomor urut 1, nomor urut 2, dan nomor urut 3 dengan didampingi partai pengusul. Berita acara ini juga diserahkan ke Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Bawaslu Sulut, dan ke partai politik.


Setelah KPU Sulut menetapkan calon gubernur dan wakil gubernur Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) sebagai calon terpilih pilkada 2020. 


Kandouw kepada wartawan saat diberi kesempatan membawakan sambutan berterimakasih pada jajaran penyelenggara pemilihan.


“Bersyukur tahapan demokrasi lebih dari setengah tahun sudah dilalui dan berjalan baik. Atas nama paslon OD-SK saya mengucapkan apresiasi sangat tinggi pada KPU Sulut yang secara profesional berintegritas melaksanakan tahapan pemilihan kepala daerah di Sulut dengan baik,” kata Kandouw. Ucapan terima kasih ini


 menurutnya bukan karena sudah ditetapkan sebagai pemenang tapi penilaian ini secaran objektif.


 “Pemilihan berjalan dengan baik dan profesional. Terima kasih. Begitu juga dengan stakeholder terutama TNI/Polri selama ini bahu membahu memberikan kenyamanan, perhatian, dan pendampingan pada kita semua,” tambanya. 


Kandouw juga menambahkan dengan paslon lain, menurut Kandouw  mereka berperilaku dan bertindak profesional sebagai kandidat dalam pelaksanaan pilkada.  


“Kepada seluruh masyarakat Sulut yang sudah berperan serta aktif menjadikam pilkada di Sulut dengan tingkat partisipasi sangat tinggi dan lebih baik dari pilkada lalu. Gesekan relatif tidak ada. Atas nama OD-SK mari sama-bekerja untuk pembangunan Sulut,” tutupnya.(tino)