Iklan

February 28, 2021, 19:34 WIB
Last Updated 2021-03-01T03:34:21Z
Mitra

Buka Workshop,Lalandos Harap Kerjasama Perangkat Daerah


Jurnal,Mitra – Sekretaris daerah David H Lalandos AP MM membuka Workshop I pengolahan Data Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (D3TLH) Kabupaten Mitra tahun 2021,Jumat pekan lalu.


Data workshop tersebut dilakukan melalui vidcon dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E-SUMA).


Dalam sambutannya Sekda mengatakan, maksud D3TLH adalah memberikan data dan informasi hasil inventarisasi sumber daya alam dan lingkungan hidup di Kabupaten Minahasa Tenggara. Menentukan cadangan sumber daya alam, menyusun neraca sumber daya alam dan lingkungan hidup dan menyusun rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (RPPLHD)


“Tujuan ini untuk memberikan data dan Informasi awal mengenai sumber daya alam terstandar dengan muatan antara lain potensi dan ketersediaan, jenis yang dimanfaatkan, bentuk penguasaan, pengetahuan pengelolaan, bentuk kerusakan dan konflik dan penyebab konflik yang timbul akibat pengelolaan yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara,”kata Sekda Lalandos.


Lalandos berharap, kerja sama seluruh perangkat daerah dapat menyelesaikan dokumen D3TLH di Minahasa Tenggara.


“Atas nama pemerintah Bupati James Suemendap SH, mengucapkan terima kasih kepada para narasumber P3E-SUMA yang telah membantu kami dalam proses pengolahan D3TLH di Minahasa Tenggara,” tutup Sekda David Lalandos.


Diketuai narasumber workshop tersebut Kepala P3E-SUMA DR. Ir Dharmansyah M.Si beserta Kabid Inventarisasi SDA-LH dan Kasubid Pertambangan Migas dan Kelautan P3E-SUMA. Dan dihadiri Komisi II DPRD Mitra, staf khusus Bupati Mitra DR Ir Zetly Tamod, para asisten, kepala perangkat daerah serta camat.(hak)