Iklan

1 Februari 2021, 18:47 WIB
Last Updated 2021-02-02T02:47:05Z
Bitung

Dandim 1310/Bitung Menjadi Orang Pertama Penerima Faksin Terkait Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Di Kota Bitung


Jurnal Bitung - Bertempat di Tribun Kantor Walikota Bitung Jl. Sam Ratulangi Kel. Bitung Barat Satu Kec. Maesa Kota Bitung, telah dilaksanakan Pencanangan Vaksinansi Covid-19 Kota Bitung yang dihadiri kurang lebih 50 orang, (1/2/2021).


Forkopimda dan Pejabat Kota Bitung yang hadir pada kegiatan itu, antara lain. Walikota Bitung (Maximilliam J Lomban, SE., M. Si), Wakil Walikota Bitung (Ir. Maurits Mantiri, MM), Sekretaris Kota Bitung (DR. Audy Pangemanan), Kapolres Bitung (AKBP FX Winardi Prabowo, SIK), Dandim 1310/Bitung (Letkol Inf Benny Lesmana, SE., M.Han), Mewakili Dansatrol Bitung (Lettu L (P) Komari), Mewakili Danyon Marhanlan VIII Bitung (Letda Mar Monang Manurung) serta Kepala KSOP Bitung (Mursidi).


Vaksinasi Covid-19 di Kota Bitung dimulai hari ini, yang pada kesempatan ini mengkhususkan Walikota dan Wakil Walikota serta unsur Forkopimda Kota Bitung.


Dari seluruh unsur Forkopimda yang hadir, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana, S.E., M.Han., merupakan peserta pertama yang menerima vaksinasi Covid-19 di Kota Bitung.

Sementara itu, Walikota Bitung tidak dapat melakukan vaksinasi yang disebabkan sudah lanjut usia, dimana dalam standar operasional prosedurnya batasan akhir berusia 59 tahun.


Begitu pula Wakil Walikota Bitung, yang pada kesempatan yang sama juga tidak bisa melakukan vaksinasi dikarenakan masih dalam keadaan tidak fit, disebabkan sedang mengalami flu.


Hal yang sama pula dialami oleh Sekretaris kota Bitung, tidak dapat melanjutkan ketahapan penyuntikan vaksin, sesuai dengan  hasil pemeriksaan  mengalami tekanan darah tinggi yang lumayan tinggi. 


"Akhirnya, Dandim 1310 Bitung bisa menerima vaksin hari ini dan beliau merupakan orang pertama yang menerima vaksinasi untuk Kota Bitung," kata salah satu Tim Vaksin Covid-19 Kota Bitung.


Sebelum pelaksanaan vaksinasi dilakukan, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bitung, dr Calvin Wuisang dalam sambutannya menyampaikan ada sebanyak 1309 yang akan dilakukan vaksinasi dalam periode bulan Februari dan Maret nanti.


"Target yang akan di vaksin dari Februari hingga Maret 2021 berjumlah 1309 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan. Dalam pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan sebanyak 2 kali vaksinasi untuk setiap orangnya, sehingga total keseluruhannya menjadi 2618 vaksin," pungkasnya.


Walikota Bitung pada sambutannya mengharapkan masyarakat Kota Bitung dalam 1 tahun ini sudah selesai divaksin sesuai dengan target pemerintah pusat agar masyarakat indonesia seluruhnya sudah di vaksinasi.


"Dengan demikian kegiatan vaksinasi hari ini secara resmi saya buka di Kota Bitung, semoga apa yang kita lakukan dapat berjalan lancar dan aman," ujarnya.


Pada pukul 12.00 Wita, dilakukan Vaksinasi dengan tahapan, Penerima Vaksin menuju ke meja 1, melakukan pendaftaran. Setelah dari meja 1 pendaftaran selanjutnya menuju meja 2 pemeriksaan kesehatan (tensi) dan konsul riwayat sakit hingga akhirnya menuju ke meja 3 untuk melakukan Penyuntikan Vaksin. Di meja 4 dilakukan pencatatan.


Para pejabat penerima Vaksinasi berjumlah 9 orang namun yang memenuhi syarat hanya 3 orang diantaranya Dandim 1310/Bitung (Letkol Inf Benny Lesmana, SE.,M. Han), Wakapolres Bitung (Kompol Vreply Tampanguma, SIK) dan Kabag Ops Polres Bitung (Kompol Eddy Saputra, SIK).


Usai menerima Vaksinasi, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana, S.E., M.Han., menuturkan, Saya Letkol Inf Benny Lesmana, S.E., M.Han, selaku Dandim 1310/Bitung, pada hari Senin tanggal 1 Februari 2021 pukul 12.00 Wita telah disuntik Vaksin Sinovac oleh Dinas Kesehatan Pemkot Bitung. Saya sangat senang bisa berpartisipasi mendukung program Vaksinasi Nasional Pemerintah RI. Saya tidak merasakan adanya efek samping setelah 30 menit pasca Vaksin. (Tam)