Iklan

16 Februari 2021, 19:50 WIB
Last Updated 2021-02-17T03:50:12Z
Mitra

Jalan Ratatotok-Tombatu Diabadikan Nama Sinyo Harry Sarundajang


Jurnal,Mitra – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengabadikan namanya sebagai nama jalan penghubung Kecamatan Ratatotok – Tombatu.Sebagai penghormatan bagi almarhum Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Gubernur Sulawesi Utara periode 2005-2015. 


Hal ini terungkap kala jajaran Pemkab Mitra di bawah pimpinan Bupati James Sumendap, SH, melayat ke rumah duka Keluarga Sarundajang-Tambuwun di Winangun, Manado, Selasa (16/2/2021).


“Nama S.H.Sarundajang telah diabadikan sebagai nama jalan Ratatotok-Tombatu sepanjang 17 kilometer,” ungkap James Sumendap.


Keputusan ini merupakan hasil rapat bersama Pemkab Mitra, sebab menurutnya, pembuatan jalan penghubung Ratatotok-Tombatu memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan almarhum SHS yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Sulut.


Pentingnya kehadiran akses penghubung antara dua daerah tersebut melahirkan gagasan dari almarhum Sinyo Harry Sarundajang yang juga disebut banyak orang sebagai Bapak Pembangunan Sulut.  


“Jalan penghubung Ratatotok-Tombatu merupakan gagasan beliau (SHS,red) ketika datang ke Tombatu dan harus disyukuri bisa terealisasi,” pungkas Bupati Mitra dua periode ini.


Kepergian almarhum Sinyo Harry Sarundajang yang diakuinya sebagai pemimpin yang hebat dan sosok panutan yang terus menjadi inspirasi banyak orang termasuk dirinya, meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh rakyat Sulawesi Utara, tak terkecuali Kabupaten Mitra.


"Kepergian beliau adalah kehilangan besar bagi Sulawesi Utara. Sebab almarhum merupakan sosok yang berperan besar dalam pembangunan daerah dan selalu jadi panutan karena sepanjang hidupnya didedikasikan untuk bangsa dan negara,” tutupnya.

(hak)