Iklan

February 1, 2021, 13:16 WIB
Last Updated 2021-02-01T21:16:33Z
ManadoUtama

Penanganan Sampah di Kota Manado Tak Efektif. Gubernur Bakal Ambil Tindakan


 Jurnal Manado-Gubernur Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE merasa prihatin dengan masalah sampah di Kota Manado saat ini. Terbukti, Senin (01/02/2021), orang nomor satu di sulut ini turun langsung dan meninjau sampah - sampah di manado.

"Pemerintah Kota Manado tak efektif dalam penanganan sampah akibatnya saat ini rakyat yang mengalami masalah serius," ujar Gubernur.

Lanjut dikatakannya, "Selain bahaya penyakit Covid, warga Manado kini dihadapkan pada bahaya penyakit kolera, karena selain sempah juga ada sampah pasca bencana banjir," tegasnya.

Meski demikian kata Olly masalah sampah belum ada koordinasi dari pemkot manado, tapi mengingat sudah urgensi maka akan diambil langkah-langkah penanganan.

"Segera akan dilakukan koordinasi dengan Pemkot Manado untuk menangani masalah sampah ini,  dan Pemprop siap mengambil tindakan nyata, dalam dua pekan sudah dapat diatasi," pungkas Gubernur Olly.

Diwawancarai terpisah, Staf Khusus Pdt Lucky Rumopa yang ikut memantau, mengatakan masalah sampah seharusnya dapat secepatnya diatasi Pemkot Manado.

"Benar kata pak Gubernur Olly, saat ini warga Manado tak hanya menghadapi penyebaran Covid, tapi juga penyakit kolera," ungkap figur yang sempat terjaring sebagai Cawali-Cawawali di Pilwako Manado 2020 lalu.

Lebih jauh dikatakan sosok kritis ini, seharusnya pihak Pemkot Manado melakukan koordinasi dengan Pemprov Sulut karena masalah sampah ini sangat membayarkan kesehatan masyarakat.

"Kalau Pemkot Manado tak segan melakukan koordinasi pasti masalah ini sudah teratasi, namun salut buat pak Gubernur Olly yang merasa prihatin hingga akan mengambil langkah penanganan dengan melakukan koordinasi bersama Pemkot," tutup figur yang juga Ketua Jemaat GMIM Zaitun Mahakeret itu.

Hadir juga Sekprop Edwin Silangen, sejumlah Kepala SKPD diantaranya Steve Kepel, Franky Manumpil, Adolf Tamengkel dan Staf Khusus Pdt Lucky Rumopa Mth.(*man)