Iklan

1 Februari 2021, 13:52 WIB
Last Updated 2021-02-01T21:52:12Z
DinamikaUtama

Tinjau Pembangunan TPA Regional. Gubernur : Rencananya Desember 2021 Beroperasi


Jurnal Manado - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Sekretaris Provinsi Edwin Silangen melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Mamitarang di Ilo-Ilo Kecamatan Wori, Senin (01/01/2021).

Dalam kunjungan tersebut hadir Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Sulut Steve Kepel, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sulut Adolf Tamengkel, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Frangky Manumpil, Staf Khusus Gubernur Pdt Lucky Romopa STh serta Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulut Rus’an M Nur Taib.

"Saya melihat persoalan sampah di Sulut terlebih khusus di Kota Manado karena kita canangkan Provinsi Sulut sebagai kota Pariwisata, akan menjadi permasalahan. Juga karena kami melihat tempat sampah yang ada di Sumompo sudah tidak lagi bisa menampung sampah. Sehingga pemerintah provinsi mengkonsepkan TPA. Inilah tempatnya,” ujar Gubernur Olly saat meninjau pembangunan TPA Regional Mamitarang di Ilo-ilo Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara, Senin (1/2/2021) kepada wartawan.

Pembangunan sampah regional kata Olly aian rampung desember 2021.


"Syukur saya datang hari ini pembangunnya sudah 13 persen. Jadi kira-kira desember 2021 sudah bisa beroperasi sehingga dampak dari Sulut darurat sampah bisa tertangani. Tapi sementara ini ada langkah-langkah lain yang kami tangani untuk sampah di Kota Manado,” terang Gubernur Olly.


Diketahui, TPA Regional Ilo-ilo Wori ini akan menampung sampah dari 4 kabupaten/Kota di Sulut yaitu Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa


Diketahui tempat sampah ilo - ilo yang dibangun dengan biaya anggaran dari Pemerintah Pusat pada Tahap pertama Rp. 124 milyar dan tahap ke dua Rp. 100 milyar dan hasil pekerjaan multi year.(man)