Iklan

February 24, 2021, 02:27 WIB
Last Updated 2021-02-24T10:27:28Z
KesehatanMinutUtama

Peringati Bulan K3 Nasional, PT. MSM / PT. TTN kembali gelar aksi donor darah.


jurnalmanado.com - Memperingati  bulan K3 Nasional PT. MSM dan PT. TTN melakukan kegiatan Ksehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan salah satunya adalah kegiatan donor darah dari para karyawan yang ada di kawasan Toka Tindung project ini. 


Kegiatan Donor Darah itu berlangsung pada Rabu, 24 Februari 2021 di Toka site  bekerja sama dengan unit Palang Merah Indonesia Sulawesi Utara. Para pendonor berasal dari karyawan PT. MSM/PT. TTN dan para kontraktor seperti PT. GMA, PT. SMA, PT. Thiess, PT. MKA, PT.PSI, PT. Tatawisata, PT. Maxi Drill dan PT Intertek.


Manager OHS departemen PT. MSM/PT. TTN, Rudolf Lengkong kepada wartawan di sela kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan bulan K3 Nasional wajib dilakukan untuk mengingatkan kembali pentingnya penerapan K3 baik didalam maupun diluar tempat kerja hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam rangka mewujudkan masyarakat berbudaya K3. Khusus untuk kegiatan donor darah, ini menjadi program rutin yang dilakukan secara berkala di PT. MSM/PT. TTN, disadari kegiatan donor darah dimasa pandemi memiliki tantangan tersendiri untuk itu protokol kesehatan tetap diterapkan diantaranya test antigen baik untuk pendonor maupun petugas, menjaga jarak fisik, penyemprotan desinfektan serta penggunaan APD sesuai persyaratan.


Ketua Tim PMI Sulut dr. Olive Koagouw mengatakan Kegiatan seperti ini sangat membantu PMI Sulut dalam hal ketersediaan stok darah yang ada di PMI Sulut. "Terjalinnya kerja sama dengan PT. MSM/PT. TTN dan para kontraktornya sangat membantu untuk ketersediaan stok darah ada di PMI Sulut. Harapan kami kerja sama ini akan tetap terjalin dengan baik, karena setetes darah adalah nyawa bagi sesama yang membutuhkan. Ayo donor “Kita Sehat Orang Lain Tertolong”. Jadikanlah donor darah sebagai gaya hidup kita,” ujarnya.


Dalam aksi donor darah itu total keseluruhan ada 85 pendonor. Dengan rincian golongan darah A sebanyak 24 kantong, golongan darah B 19 kantong, golongan darah AB 8 kantong, dan golongan darah O sebanyak 34 kantong darah.(*)