Iklan

10 Februari 2021, 16:09 WIB
Last Updated 2021-02-11T00:09:25Z
Minsel

Sidak di Beberapa Sekolah,Wongkar Ingatkan Penerima DAK Harus Dipakai Tepat Sasaran

Sidak di Beberapa Sekolah,Wongkar Ingatkan Penerima DAK Harus Dipakai Tepat Sasaran

AMURANG--Mengakhiri periode dengan manis maka Wakil Bupati Minsel Franky D Wongkar melakukan inspeksi mendadak di sejumlah sekolah penerima anggaran Dana Aloksi Khusus (DAK). Bersama tim inspektorat Minsel, Wongkar tak segan-segan melihat langsung semua pengadaan dan pekerjaan di sekolah dengan sumber anggaran DAK tersebut.

"Pemerintah berusaha mengucurkan anggaran untuk perbaikan pendidikan itu artinya punya tujuan jelas. Jadi anggaran DAK yang dikucurkan di sekolah-sekolah harus dimanfaatkan  dengan baik," ujar Wongkar, usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak), kemarin. 

Menurut Wongkar, sekolah-sekolah yang mendapat alokasi anggaran bersumber dari DAK harus mampu menjabarkan sesuai dengan apa yang programkan. Jika nantinya dalam kedepan ada hal-hal yang tidak sesuai akan ditindaklanjuti lebih jauh. "Pastilah ada tindakan, bukan tidak, apalagi program pemerintah sangat penting," tandasnya.

Lebih lanjut Wongkar juga menekankan, penggunaan DAK menjadi sangat krusial dalam rangka memaksimalkan progres pembelajaran di lingkungan sekolah.

Penggunaan DAK harus betul- betul efektif dan efisien, sesuai dengan peruntukkannya. "Anggaran DAK di sekolah-sekolah bukan sedikit jadi memang sasaran utama pemerintah untuk dunia pendidikan sangat serius. Sehingga kalau ada yang memanfaatkan untuk kepentingan pribadimaka sangat tidak baik," tandas Wongkar lagi sambil menambahkan jika pemerintah nantinya akan melakukan evaluasi. 

Sekolah-sekolah yang sudah dilakukan Sidak diantaranya, SMP Negeri I Tumpaan, Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Amurang, SD Negeri I  Amurang, dan SMP Negeri 3 Tenga serta SPNF SKB Minsel.

Dalam kesempatan itu juga Wongkar yang dinilai tegas ini mengingatkan semua tenaga pendidik yaitu guru-guru harus menjalankan tugas dengan sebaik mungkin. (tha)