Iklan

10 Februari 2021, 14:58 WIB
Last Updated 2021-02-10T22:58:24Z
Minsel

Warna Merah Mulai Bermunculan di Gedung Pemerintahan

Bupati Terpilih Franky D Wongkar dan Wakil Bupati Terpilih Petra Y Rembang diambil sumpah dan janji jabatan, ramai-ramai bangunan pemerintah apakah kantor camat, sekolah SD dan SMP, dan lainnya sudah mulai merubah warna dari kuning jadi merah. 

AMURANG- Sesuai rencana 17 Februari 2021 Bupati Terpilih Franky D Wongkar dan Wakil Bupati Terpilih Petra Rembang akan diambil sumpah dan janji jabatan. Dan saat itulah Kabupaten Minsel memiliki pemimpin yang baru. 

Menjelang tonggak pemerintahan ini, ramai-ramai kantor-kantor pemerintah, sekolah-sekolah SD dan SMP mulai mengganti warna gedung. Yang awalnya didominasi warna kuning kini yang mendominasi adalah warna merah. 

Terpantau di wilayah Kecamatan Tenga, Sinonsayang bahkan di Amurang hingga Tumpaan, bahkan sampai ujung Modoinding, pergantian warna terlihat jelas. Bahkan dalam postingan-postingan di laman Facebook, lomba-lomba sekolah mewarnai perubahan sistem. 

Informasi diperoleh, perubahan warna terjadi di sekolah-sekolah lantaran adanya kegiatan lomba Adiwiyata dan dalam rangka merayakan Hari Jadi Minsel tahun 2021. "Namanya sudah ada pemimpin baru jadi kita menyesuaikan saja," tutur sejumlah guru-guru yang dimintai keterangan.

Disinggung apakah ada instruksi langsung untuk mengganti label warna, secara tak langsung baik guru-guru bahkan ASN di lingkungan pemerintah tak serta merta mengatakan ya atau tidak. "Kita ikut alur saja, kan bukan hanya di Minsel yang jadi begini," tutur mereka secara terpisah yang enggan meminta nama dikorankan. 

Tak hanya itu saja, dalam kegiatan-kegiatan Musrembang misalnya, nuansa berwarna merah begitu menonjol. Padahal dalam setiap Musrembang tidak demikian. Terpantau salah satu Musrembang di Kecamatan Tenga, nuansa merah begitu menonjol. Mulai dari meja, baliho dan lainnya. Hal ini juga terjadi di kecamatan-kecamatan yang lain. 

Anggota Dewan Franky Lengkey yang ikut dalam kegiatan menilai perubahan warna terjadi itu bisa saja lantaran mereka menilai karena adanya pemimpin yang baru.

Kadis Diknas Fietber Raco belum bisa memberikan keterangan resmi. Dihubungi via telepon selular sedang tidak aktif. 

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Minsel Stefanus Lumowa menjelaskan, jika perubahan-perubaban warna menonjol  yang dilakukan oleh intansi-instansi terkait sebenarnya tidak ada instruksi langsung dari pimpinan. 

"Nanti kita akan lihat di lapangan seperti apa," tutur Lumowa.

Sementara itu Bupati Terpilih Franky D Wongkar menyatakan dalam menuju perubahan di Minsel yang utama adalah ASN harus menunjukkan kinerja dalam melaksanakan tugas. "Seorang pemimpin menilai dari kerja bukan menilai dari sowan atau kedekatan," tegas Wongkar.

Wongkar sendiri baru-baru ini melakukan kunjungan disalah satu sekolah SMP di Desa Sapa Kecamatan Tenga. (tha)