Iklan

March 1, 2021, 20:25 WIB
Last Updated 2021-03-02T04:25:50Z
Bitung

Bantah Tahan Honor PPK dan PPS. Deslie : Administrasi Lengkap Honor Dibayar


Jurnal Bitung - Ketua KPU Kota Bitung Deslie Sumampouw Mengatakan, terkait kabar yang beredar honor bulan januari PPK dan PPS Kota Bitung yang belum dibayar, pihaknya masih menunggu Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), PPK yang merupakan kewajiban PPK dan PPS sebagai kelengkapan administrasi.


"Tidak benar KPU menahan honor mereka. KPU hanya ingin memastikan tertib administrasi agar tidak ada temuan BPK, agar PPS dan PPK tidak dipanggil BPK. Belum dibayarkannya honor PPK dan PPS karena ada kewajiban PPK dan PPS yang belum dilaksankan terkait SPJ," kata Deslie kepada media ini, Senin (01/03).


Deslie juga menuturkan, apabila operasional sampe batas waktu SPJ tidak memasukan dan tidak lengkap, bahkan tidak sesuai, maka untuk anggaran operasional akan dikembalikan ke negara.


"KPU menginginkan bukan hanya sukses dalam pelaksanaan dan penyelenggara Pilkada, namun KPU juga menginginkan sukses dalam tertib pelaporan keuangan dan administrasi, dan itu terbukti, dari 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara, KPU Bitung paling bagus dan terbaik laporannya dan sesuai, baik catatan di BKU dan penyajian laporan serta SPJ, minus laporan badan adhock PPK dan PPS," katanya.


Lebih lanjut Deslie mengatakan bahwa honor sebenarnya sudah tidak dibayarkan, pasalnya tidak ada output kegiatan dibulan januari. 


"Sebenarnya sudah tidak ada honor di bulan januari, tapi kami berjuang agar supaya dibayarkan, dan oleh KPU RI mengijinkan setelah berkordinasi dengan inspektorat internal," kata Deslie.


Deslie juga mengaku, pihaknya sudah  menginstruksikan ke bendahara untuk dibayarkan honor dari minggu lalu.


"Mungkin ini tinggal administrasi di bank yang belum selesai, tapi kita pastikan minggu ini sudah terealisasi," katanya. (Tam)