Iklan

March 28, 2021, 17:50 WIB
Last Updated 2021-03-29T00:50:39Z
Mitra

Dorong Warga Bertani, Heydi Tumbelaka Ajak Pertahankan Budaya Mapalus


Jurnal,Mitra - Ditengah Pandemi Covid 19 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Heydi Tumbelaka terus berupaya mengajak warga untuk terus bertani.


Anggota Fraksi PDIP tersebut turun langsung bersama para petani dalam melakukan pekerjaan membuka lahan untuk bercocok tanam pada pekan kemarin Jumat 26/3/2021 bertempat di perkebunan desa Tonsawang kecamatan Tombatu.


Pada kesempatan tersebut Anggota Komisi 1 DPRD Mitra menghimbau kepada semua Petani agar kembali melestarikan budaya adat Minahasa Yaitu Mapalus."Kegiatan Kerja bersama yang biasa di sebut mapalus untuk etnis Minahasa ini harus di gaungkan kembali, dan ini sangat baik untuk menjaga stok pangan di keluarga kita masing-masing serta bisa mendapatkan nilai plus dalam ekonomi keluarga,"Ungkap Tumbelaka.


Dirinya juga menyampaikan untuk terus melakukan kegiatan mapalus untuk membuka lahan yang bisa dimanfaatkan untuk menanam."Dengan mapalus maka pekejaan petani akan lebih mudah dan cepat, apalagi di masa Pandemi saat sekarang lebih baik berkebun tidak usah melakukan perjalanan kalau tidak sangat penting,"terang Tumbelaka.(hak)