Iklan

March 28, 2021, 14:57 WIB
Last Updated 2021-03-28T23:29:03Z
Politik

HVK: Komisi l Terus Awasi Dana Desa


JurnalManado - Kunjungan kerja (kunker) Komisi l Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), di Kementerian Desa.

Menurut Anggota Dewan Sulut Herol V Kaawoan (HVK) kunker tersebut, untuk melakukan koordinasi terkait realisasi dana desa (dandes) Tahun  2020 yang bersumber dari Kementrian Desa yang dialokasikan untuk Kabupaten Bolaang Mongondouw Selatan (Bolsel).

Bantuan alokasi anggaran tersebut sesuai data sebanyak 81 Desa mendapat bantuan sebesar 70 Miliar rupiah.

Kunjungan kerja Komisi l di terima langsung Kepala Dinas PMD Kabupaten Bolsel Eka Frie H. Van Gobel S.STP dan jajarannya.

Kabupaten Bolsel di minta oleh Kementrian Desa menjadi  pilot project dalam penanggulangan  Kemiskinan.

Salah satu srateginya dengan
memaksimalkan dan memberdayakan kelompok kelompok masyarakat desa dalam rangka mendorong kesejahteraan masyarakat. 

Hasil pemantauan langsung komisi l dilapangan, pada umumnya realisasi dana desa di Kabupaten Bolsel sudah berjalan dengan baik.

"Komisi l DPRD Sulut akan terus mengawal bantuan dana desa yang ada di Sulut, agar penyalurannya tepat sasaran dan tepat guna," tegas politisi Gerindra kepada JurnalManado.com Senin (29/3/2021) diruang kerjanya.

HVK begitu disapa wartawan juga terus mendorong desa yang ada di Sulut  jadi mandiri dengan membuat Badan usaha (bumdes) milik desa supaya kelak nanti, desa tersebut dapat memberi income untuk kesejahteraan bersama.

Selain itu, akan membantu Pemerintah atau negara mencapai target lndonesia bebas dari negara miskin, sehingga ada keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kunjungan Komisi l DPRD Sulut di dampingi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi  Sulut Mutu B. Mokoginta.(tino)