Iklan

March 9, 2021, 16:04 WIB
Last Updated 2021-03-10T00:04:51Z
Minsel

Ketua BPK Serahkan IHPD Pemkab Minsel ke Bupati FDW

Bupati Minsel Franky D Wongkar SH didampingi Wakil Ketua DPRD Minsel Stefanus Lumowa SE, saat menerima dan melakukan penandatanganan IHS dari BPK,

 


MANADO- Bupati Minahasa Selatan Franky D Wongkar SH dan Wakil Bupati Pdt Petra Y Rembang MTh juga Wakil Ketua DPRD Stefanus Lumowa SE, secara resmi menerima Ikthisar Hasil Pemeriksaan Daerah (IHPD) tahun 2020, Senin (8/3) di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulut.


Penyerahan IHPD tersebut diserahkan langsung Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara Karyadi SE MM Ak CA CFrA CSFA. 

Selain itu BPK juga menyerahkan  Laporan Kinerja Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited tahun anggaran 2020 dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE. Selain Pemkab Minsel sejumlah kepala daerah lain juga menerima hal yang sama yaitu bupati dan wali kota lainnya.

Sebelum diterima, proses penandatangan dilakukan langsung dihadapan Kepala BPK oleh Bupati Franky S Wongkar dan Wakil Ketua DPRD Minsel Stefanus Lumowa SE. 

Usai menerima IHPD tersebut Bupati FDW menyatakan akan mempelajari dengan cermat apa yang menjadi saran dari BPK. 

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua DPRD Stefanus Lumowa SE. Menurutnya, sebagai lembaga DPRD akan menjalankan tugas sebagaimana diatur dalam aturan. "Tetap menjalankan fungsi kelembagaan yang ada. Satu harapan semuanya akan semakin baik," tutur Lumowa.

Seperti diketahui awal pemerintahan berjalan di Minsel Kepala Inspektorat Meyki Onibala menegaskan ada beberapa catatan yang diberikan BPK dalam pelaporan kinerja Pemkab Minsel. Bahkan sampai-sampai Onibala menyatakan jika KPK akan turun di Minsel. 

Onibala mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey waktu itu berharap, pemerintah baru hendaknya mampu memperhatikan hal ini. "Ini merupakan penilaian dari KPK, sehingga bupati dan wakil bupati baru akan lebih mendorong lagi kepada SKPD dengan intervensi yang menjadi fokus dari KPK," sambung Onibala.

Menanggapi hal ini Bupati Minsel Franky D Wongkar menyambut baik. Menurutnya, akan memberi motivasi pada pemerintahan baru. "Mulai hari ini (Jumat, 26/2) kami bupati dan wakil bupati bekerja keras memperbaiki hal tersebut supaya kedepannya akan lebih baik lagi," janji Wongkar didampingi Wakil Bupati Minsel Petra Y Rembang. 

Wongkar juga berjanji, dalam pemerintahannya kali ini akan bertekad melakukan perubahan berkaitan dengan pelayanan publik.  Dimana koordinasi-koordinasdi dengan lintas SKPD akan berusaha supaya berjalan dengan baik. "Kami akan menggerakkan semua elemen supaya bisa menuju Minsel menjadi maju," tegasnya. (tha)