Iklan

April 14, 2021, 07:59 WIB
Last Updated 2021-04-14T15:37:48Z
Advetorial

Pertama di Indonesia, BPTD Wilayah XXII Sulut Ciptakan Generasi Leadership dan Intrapeneurship

Renhard : Bekerjalah Sepenuh Hati dan Jadikan Kerja Sebagai Ibadah Serta Kembalikan Kepada Tuhan

Jurnal Manado – Tiga hari pelaksanaan Bimbingan Teknis Transforamsi Leadership dan Intraprenership Bagi Para Koordinator Satuan Pelayanan dan Staf Satuan Pelayanan di Lingkungan BPTD Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara akhirnya, Rabu (14/04/2021) usai dilaksanakan.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balai BPTD Wilayah XXII Sulut Renhard Ronald, S. SiT, MT. Sebelum menutup kegiatan bimtek meminta kepada seluruh staf di BPTD Wilayah XXII Sulut agar meningkatkan keakraban dan kedekatan emosional salah satu cara adalah dengan memanggil nama.


“Dikultur budaya saya yang kebetulan dari batak hanya memanggil nama saja, kalau saya sudah punya anak (Brian) namanya maka saya dipanggil nama anak saya, jika anak saya sudah memiliki anak lagi maka saya dipangil opung brian. Saya juga berharap di balai budayakan memanggil nama sehingga terasa dekat,panggila saya pak renhard saja tapi jangan hanya memanggil renhard,”kelakarnya. Sembari mengingatkan salah satu cara menghilangkan sekat – sekat antara kita.


Renhard berharap usai mengikuti bimtek maka akan tumbuh jiwa kepemimpinan baik dilingkungan kerja BPTD sendiri maupun dalam keluarga dan masyarakat.

“Menjadi leader itu bisa dimana saja, baik dilingkungan kerja, keluarga maupun di masyarakat. Kita tunjukkan sikap kepemimpinan kita, sikap Kebersamaan , kerjsama dan emosional bisa terbentuk, kebiasaan yang baik, kedisiplinan, semangat kerja dan etos kerja. Kalian telah belajar sehingga harus diimplementasikan. Saya sangat mendukung upaya ini agar BPTD bisa berlari cepat. Intinya kalian mengerti apa yang menjadi tujuan yang akan kita capai,”jelas orang nomor satu di BPTD Sulut.


Bekerjalah sepenuh hati dan jadikan kerja sebagai ibadah dan dikembalikan kepada Tuhan,tambah Renhard.

Terkait dengan agenda bimtek kata Renhard, akan disesuaikan dengan kondisi anggaran.

“Intinya seluruh pegawai kita bangun nilai – nilai yang baik seperti spiritual leadership, situasional leadership, transformasional leadership,”pungkasnya.

"Untuk eksis, bukan narsis. Untuk berusaha, buka bergaya. Untuk memenangkan pertandingan, bukan untuk banyak alasan & keluhan"


Sementara, Instruktur Bimtek, Agung MSG. MM Managging Partners PT. Mitra Strategi Pratama mengatakan, tujuan mereka memberikan bimtek yaitu untuk membangun visi yang sudah dicanangkan oleh pemerintah dan mereka harus merasa terpanggil dan berkewajiban harus mengeksekusinya dilapangan dengan mewujudkan kearifan lokal, sumber daya lokal, kemampuan lokal.

“Ini yang diperlukan dengan pembekalan spiritual leadership, transformasional leadership, situasional leadership dan beberapa materi yang sesuai dengan tuntutan kekinian. Ada tiga hal yang menentukan yaitu mindset, leadership dan sistim,” ungkap Agung.


Ditambahkan oleh pemberi materi, Dikdik Sodikin SE. MM, MBA Managging Director PT. Mitra Strategi Pratama bahwa membangun kompetensi  manusia indonesia tidak mudah.


“Kami mencoba share tentang kompetensi itu ada tiga yaitu behavior, knowledge, skill. Mereka di upgread skilnya, behavior harus berubah, tadi juga dijelaskan yang harus dirubah ditransformasi sekarang yaitu perilaku dan mindset, perilaku mereka sudah harus tegak sebgai pemimpin, dulu mereka kurang percaya diri karena kurang belajar,” jelasnya.

"TIM PEMENANG selalu terlahir dari pemimpin yang membantu para anggota timnya menemukan nilai-nilai utama mereka dan membantu mereka untuk bertindak berdasarkan nilai-nilai itu"

 Mereka juga memberikan apresiasi kepada Kepala BPTD Sulut.

“Luar biasa pak renhard, beliau membangun terobosan dengan pelaksanaan bimtek, “mencuri” star dan ini pertama di BPTD se indonesia . Sejalan dengan arahan pak jokowi bahwa pembangunan SDM adalah harga mati,’tandas Dikdik sapaan akrabnya.


Ditempat yang sama, Korsatpel uppkb Wangurer, Bitung, Revri Jusuf Sjamsudin S. Sos, mengatakan bahwa kegiatan bimtek kali ini beda dengan bimtek yang lain.

“ini kegiatan bimtek leadership jadi program kepemimpinan dan ada tiga hal yang didapatkan yaitu akhlak yang baik, berintegritas, dan menjadi teladan dimanapun berada. Intinya tentang akhlak dan itu kita terapkan di satuan kita,”tuturnya.(adv)