Iklan

April 10, 2021, 06:37 WIB
Last Updated 2021-04-10T13:39:52Z
AdvetorialUtama

Dihadiri Dirjen Perhubungan RI, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Sukses Gelar Peresmian dan Launching Program Transformasi 2021

 Dihadapan Dirjen Perhubungan, Renhard Sampaikan Program Transformasi BPTD Wilayah XXII Sulut 2021


KEPALA
Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara, Renhard Ronald, S. SiT, MT, Sabtu (10/04/2021), pada acara Peresmian / Launching Kegiatan BPTD Wilayah XXII Sulut menyampaikan Overviuw Program Transformasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Pada Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara yaitu pada tahun 2020 subsidi angkutan jalan, subsidi penyeberangan perintis, pengadaan dan pemasangan fasilitas keselamatan jalan, pembangunan ATCS kota bitung, rehabilitasi pelabuhan penyeberangan likupang, rehabilitasi pelabuhan penyeberangan lembeh, rehabilitasi UPPKB inobonto, lanjutan pembangunan terminal tipe A bolmong, pengadaan fasilitas penunjang terminal tipe A tangkoko.



"Itu program yang telah dilaksanakan pada tahun 2020," kata Reinhard.

Dan untuk program atau kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 menurut Kabalai yaitu subsidi angkutan jalan, subsidi penyeberangan perintis, pengadaan dan pemasangan fasilitas keselamatan jalan, pembangunan ATCS kota bitung tahap II, lanjutan rehabilitasi pelabuhan penyeberangan likupang, lanjutan pembangunan terminal tipe A bolmong.


Adapun rencana strategis BPTD yang akan diusulkan menurutnya, pengembangan angkutan massal berbasis jalan dikawasan perkotaan dengan skema pembelian layanan yang akan dikembangkan pada kawasan aglomerasi bimindo (bitung, minahasa, manado) dengan nilai perkiraan Rp. 50 M pada tahun pertama pengembangan (tahun 2021), pembangunan terminal tipe A bolsel dengan sistim multi years SBSN tahun 2022 - 2023, pembangunan terminal tipe A likupang, minut sistim multi years SBSN tahun 2022 - 2023, pengembangan trnasportasi danau di danau tondano,minahasa berupa pembangunan dermaga, halte dan kapal danau, rehabilitasi pelabuhan penyeberangan pananaru, sangihe, sistim multi years SBSN tahun 2022 - 2023.

"Ini program yang akan kami laksanakam di tahun 2021 dan ada juga rencana strategis yang akan diusulkan di tahun ini," jelasnya.


Selain itu lanjut kabalai, hari ini BPTD Sulut juga melaunching terminal tipe A tangkoko bitung sebagai terminal serasa bandara.


"mewujudkannya terminal serasa bandara yaitu dengan mengupayakan adanya fasilitas - fasilitas pelayanan seperti yang ada dibandara," kata Reinhard. Sembari mencontohkan fasilitas yang disediakan berupa ruang tunggu berpendingin udara yang dilengkapi dengan beberapa tenant seperti roti "O", tenant warung UMKM, ruang kesehatan dan ruang laktasi, fasilitas difable, ATM Galery, photo booth, mesin antrian, mesin survey, kepuasan masyarakat, free wifi, port charger, voice direction / announcement dan protokol kesehatan pencegahan covid - 19, serta memiliki seni yang tinggi dengan adanya lukisan mural pada tembok terminal, art galery seniman lokal, replika hewan tarsius. Lukisan filosofi lokal “SI TOU TIMOU TUMOU TOU” artinya manusia hidup untuk memanusiakan orang lain.


Dalam kegiatan tersebut dihadapan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si. Kabalai melaporkan bahwa berdasarkan data terakhir sampai tanggal 8 april, transfer muatan yang telah dilaksanakan oleh UPPKN Wangurer telah mencapai angka 1.109.276 Kg yang dilakukan terhadap 471 kendaraan over load.


Kegiatan juga dilanjutkan dengan peresmian area traffic control system (ATCS) kota bitung, soft launching pengujian kendaraan bermotor keliling, soft launching padat karya 2021 pada kegiatan pembangunan/rehabilitasi infrastruktur transportasi darat BPTD sulut.

Hadir dalam kegiatan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Drs. Budi Setiyadi, SH. M. Si, Anggota DPR RI Komisi V, Herson Mayulu, S.IP, Mewakili Gub.Sulut, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Daniel Mewengkang, SE, Ketua DPRD Provinsi Sulut, Andi Silangen,  serta Mewakili Pangdam XIII/Merdeka, Brigjen TNI, Junior Tumilar, Irdam XIII/Merdeka, Mewakili Kapolda Sulut, Brigjen Rudi Darmoko, SIK, M. Si , Kapten Inf. Fredrik Liwutang PASI Persdim 1310/Bitung mewakili Dandim 1310/Bitung, serta Ketua DPRD Kota Bitung, Bapak Aldo Nova Ratungalo, Kapolres Bitung AKBP Indra Pramana Hidayat, S.IK, Direktur Sarana Transportasi Jalan, Ir. M. Popik Montamasyar, MT, Sekda Kota Bitung DR. Audy Pangemanan dan Seluruh Kadishub mewakili se-Sulawesi Utara.(adv)

Dirjen Bangga Ada Terminal Serasa Dibandara di Tangkoko Bitung. Budi : Selanjutnya Dermaga Lembeh dan Likupang Target


LAUNCHING
Program Kerja BPTD Wilayah XXII Sulut yang dirangkaikan dengan Peresmian Terminal Rasa Bandara yang dilakukan di Tangkoko Bitung, di Hadiri oleh Anggota DPR RI Komisi V, Herson Mayulu, S.IP, Mewakili Gub.Sulut, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Daniel Mewengkang, SE, Ketua DPRD Provinsi Sulut, Andi Silangen,  serta Mewakili Pangdam XIII/Merdeka, Brigjen TNI, Junior Tumilar, Irdam XIII/Merdeka, Mewakili Kapolda Sulut, Brigjen Rudi Darmoko, SIK, M. Si , Kapten Inf. Fredrik Liwutang PASI Persdim 1310/Bitung mewakili Dandim 1310/Bitung, walikota bitung Morits Mantiri serta Ketua DPRD Kota Bitung, Bapak Aldo Nova Ratungalo, Kapolres Bitung AKBP Indra Pramana Hidayat, S.IK, Direktur Sarana Transportasi Jalan, Ir. M. Popik Montamasyar, MT, Sekda Kota Bitung DR. Audy Pangemanan dan Seluruh Kadishub mewakili se-Sulawesi Utara, Sabtu (10/4/2021).


Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Drs. Budi Setiyadi, SH. M. Si. Menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan sulawesi utara yang hadir pada kesempatan tersebut.


Pun rasa bangganya kepada Walikota Bitung karena begitu suport yang tinggi dalam pengembangan terminal tangkoko tipe A termasuk memperhatikan kepentingan masyarakat bitung.

“Tadi ada beberapa poin yang disampaikan walikota dan dari pada saya lupa lebih baik saya sampaikan dulu,  tolong Pak. Reinhard, Carikan anggaran tahun ini Untuk Kota Bitung.” ucap Dirjen yang disambut tepuk tangan yang meriah dari yang hadir.


“ Meskipun saya barusan kenal dengan pak. Wali tapi saya sangat salut sama beliau, saya berikan dua jempul untuk Walikota Bitung “ pungkasnya.


Dirinya menyampaikan semenjak Tahun 2018, sebanyak 125 terminal sudah diserahkan kepemerintah Pusat dalam hal ini adalah Kementerian Perhubungan namun sayangnya tidak semua Kepala Daerah yang berpemikiran sama.


Lebih lanjut Dirjen memaparkan terkait Pembangunan dermaga khususnya Daerah Lembeh dan Likupang yang rencananya anggaran tersebut sebesar 5.M. ketika dilaporkan kepada Menteri Perhubungan, menteri menjadi marah.

“ Kenapa Cuman 5.M, harus dibesarkan lagi, “ ucap menteri kepada dirjen.

 

Anggaran 5.M merupakan Prioritas Nasional untuk KSPM sehingga Menteri minta untuk di naikan lagi. Kami meminta kepada Kepala Balai agar memberikan yang terbaik khususnya di Daerah Sulawesi Utara ini, tambahnya.


Disamping itu kementerian telah membangun 13 Dermaga yang berada di Danau Toba Sumatera sehingga terhitung semenjak Tahun 2019 merupakan Program Presiden yang disampaikan Ke kementerian Perhubungan, sehingga pada saat membangun Dermaga ataupun Terminal dan lain - lain menyangkut Perhubungan, maka akan dikerjakan secara serius, tidak main-main, karena pada prinsipnya Pemerintah memiliki anggaran yang terbilang sangat cukup.

“ Khusus pada tahun 2021 ini Kementerian Perhubungan memiliki anggaran sebesar 176 Triliun, akan tetapi karena direfocusing maka anggarannya tinggal menjadi 5,6 Triliun hal tersebut juga dilakukan pemerintah terkait hal kemanusiaan dikarenakan Pandemi Covid-19.” Tutup Dirjen.(adv)

Ini Kata Mayulu dan Mantiri Terkait Kinerja BPTD Wilayah XXII Sulut


LANGKAH
jitu untuk membangun sarana dan prasaran di bidang perhubungan yang dilakukan oleh Balai Pelaksana Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Sulut mendapat apresiasi dari petinggi sulawesi utara.


Walikota Bitung, Morits Mantiri, memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Kementerian perhubungan darat dalam hal ini Balai Pengelola Transkportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Sulut, yang telah memberikan Terminal Rasa Bandara bagi masyarakat Kota Cakalang.



“ Mari kita mengucap syukur kepada Tuhan, Karena pada hari ini kita bisa menghadiri kegiatan yang Luar biasa diterminal Tangkoko, Bitung pada sektor Perhubungan.” ucap Morits, pada kegiatan Peresmian / Launching Kegiatan BPTD Wilayah XXII Sulut, Sabtu (10/04/2021), di Terminal Tangkoko, Bitung.

Kota Bitung sebagai pasaran yang dominan serta memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, sektor perhubungan darat menjadi sangat penting bagi kota ini agar roda perekonomian terus berkembang dikota yang kita cintai bersama. Untuk itu sekirannya Kementerian Perhubungan dapat membantu masyarakat kota Bitung, tentunya pada bidang Perhubungan yang erat kaitannya dengan kepentingan masyarakat untuk Kemajuan Kota Bitung sendiri. 


Pun disampaikan Anggota DPR RI, Herson Mayulu bahwa Kepala Balai Renhard Ronald, S. SiT, MT. Sangat pro aktif dalam membangun sulut untuk itu perlu di apresiasi.



"Kalau perlu pak kabalai tahan dulu di sulut karena beliau sangat dibutuhkan warga sulut," kelakar Mayulu.


Ia juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Dirjen Perhubungan.

"Atas nama warga Sulawesi Utara kami mengucapkan terimakasih kepada pak dirjen perhubungan darat yang sangat peduli kepada warga sulut dan sampaikan salam dan ucapan terimakasih warga sulut untuk pak menteri," ucapnya.


Ia juga memberikan apresiasi bitung sudah memiliki terminal rasa bandar dan berharap di bolmong serta terminal tipe A di sulut dapat seperti terminal tangkoko.(adv)