Iklan

April 7, 2021, 18:25 WIB
Last Updated 2021-04-08T02:07:44Z
Minsel

Rembang Ingatkan Pelayanan Kesehatan ke Masyarakat Harus Diutamakan


AMURANG- Di Hari Kesehatan Se-Duania, Wakil bupati (Wabup) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Pdt Petra Yani Rembang MTh mengingatkan, peran Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), harus ditunjukkan semaksimal mungkin kepada masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan Wabup Pdt Rembang, disela-sela melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Puskesmas Tumpaan, kemarin. 

Menurutnya, utama diberikan kepada warga diantaranya soal pelayanan kesehatan. Kondisi kebutuhan warga untuk mendapatkan pelayanan yang baik itu sangat penting. Karena warga datang ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. "Kan orang datang ke sini (Puskesmas,red) untuk berobat," tutur Wabup.

Jika pelayanan baik diberikan maka masyarakat akan merasa puas. Tapi sebaliknya, jika pelayanan tidak baik atau kurang memuaskan maka masyarakat akan mengeluh. "Seperti halnya kedatangan saya disini karena ada keluhan warga, jadi akan dibuktikan benar atau tidak keluhan warga itu," tegasnya. 

Dalam sidak itu Wabup mendapati ada beberapa persoalan yang harus dibenahi oleh pihak Puskesmas Tumpaan. 

Lebih dari itu, Wabup mengingatkan supaya tingkat kebersihan di Puskesmas Tumpaan bahkan di semua Puskemas di Minsel harus dilakukan. "Kebersihan itu harus dijaga. Bagaimana pelayanan kesehatan kalau lingkungan kotor. Jadi harus benar bersih," tegasnya sambil menambahkan pelayanan Puskesmas berhubungan langsung dengan orang yang sakit. 

Selain itu, Wabup meminta jajaran Puskesmas memperhatikan kerapian, dalam hal penataan ruangan dan penyimpanan obat-obatan. Kondisi di lapangan terlihat penataan kurang baik. 

"Saya harap Puskesmas ini bersih dan rapi, sehingga pasien merasa nyaman ketika berada di ruang inap," katanya.

Lanjut lagi, akan mengatur pengelolaan kebersihan di semua Puskesmas yang ada di Minsel. Ini bertujuan untuk menampung semua saran, informasi maupun masukan yang telah disampaikan oleh para pihak Puskesmas, sehingga Puskesmas yang satu dengan yang lainnya sama.(tha)