Iklan

April 21, 2021, 17:23 WIB
Last Updated 2021-04-22T00:23:38Z
Minsel

Serapan Anggaran Minim, Pejabat Diminta Kerja Maksimal

Wakil Bupati Minsel Petra Y Rembang saat memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Kuartal I tahun 2021, sekaligus memberikan arahan kepada kepala SKPD

AMURANG- Triwulan pertama tahun 2021 sudah selesai. Kini memasuki triwulan ke dua saat pemerintahan Bupati Franky D Wongkar dan Wakil Bupati Petra Y Rembang, sudah hampir dua bulan berjalan. Namun rupanya, serapan anggaran yang ada di hampir semua Satuan Kerja Parangkat Daerah (SKPD) di Minsel, masih jauh dari harapan.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Kuartal I tahun 2021. Agenda rapat yang dilaksanakan Senin (19/4) dipimpin Wakil Bupati Minsel Petra Y Rembang, didampingi Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomiam Sekretaris Daerah Kabupaten Minsel James Tombokan.

Bertempat di lantai IV Kantor Bupati Minsel mewakili Bupati, Wabup Rembang menyampaikan,  Pemkab Minsel saat ini telah melewati kuartal I dan memasuki kuartal II tahun 2021, namun dalam pemantauan masih banyak perangkat daerah yang belum maksimal dalam melaksanakan program dan kegiatan sesuai dengan program kerja. 

Menurut Rembang, pelaksanaan kegiatan di SKPD sudah pasti akan berpengaruh besar juga pada serapan anggaran. 

"Seharusnya mulai dilaksanakan program kerja, karena tentunya hal ini berdampak langsung terhadap penyerapan anggaran," ujar Rembang.

Dikatakannya, karena program kerja yang disusun di SKPD itu tertuang dalam anggaran belanja daerah maka sangat penting pelaksanaan rapat koordinasi ini. 

"Hal ini nantinya menjadi langkah strategis bagi kita untuk mengkaji perkembangan penyerapan anggaran di kuartal I, baik yang bersumber pada APBD Kabupaten dan Provinsi maupun APBN," jelasnya. 

Lebih lanjut dikatakan, pemerintah perlu mengevaluasi terkait program dan kegiatan yang belum optimal sekaligus merumuskan jalan keuarnya. Dimana program yang tersendat-sendat  di SKPD harus segera dicarikan solusi. Bahkan lebih penting lagi semua kepala SKPD harus optimal dalam melaksanakan tugas. 

"Sedapat mungkin, kinerja kepala SKPD harus ditingkatjan. Selaras dengan itu, melalui Rakor ini Kami berharap kita semua dapat membangun kebersamaan, keterpaduan dan sinergitas dalam upaya memacu penyerapan anggaran yang efektif dan optimal, demi percepatan pembangunan di daerah," jelasnya. 

Hadir dalam Rakor tersebut para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minsel. (tha)