Iklan

April 23, 2021, 00:44 WIB
Last Updated 2021-04-23T07:44:08Z
Politik

Tamengkel: Pembersihan Eceng Gondok di DAS Tondano Terus di Lakukan


JurnalManado - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) lr Arnold Tamengkel mengatakan, saat ini pihaknya Tahun 2020 telah melakukan kegiatan pembersiham eceng gondong di DAS Tondano.


Dengan luas lokasi yang sementara di bersihkan sekitar kurang lebih 500 hektar dengan target yang sudah dikerjakan sudah sebesar 75 persen.


Kegiatan pembersihan eceng gondok ini merupakan program Tahun 2020 di mulai kegiatannya, dan kegiatan pembersihan sudah sementara dilakukan di Tahun 2021.


Kegiatan ini harus dilakukan, sebab.kalau tidak dilakukan pembersihan lokasi eceng gondok di danau Tondano harus  dilanjutkan kegiatannya, mengingat pembersihan econg gondok  penting di lakukan.


Eceng gondok jika tidak dilakukan pembersihan maka hal ini akan mengancam beberapa sumber listrik dan air bersih akan terancam kalau tidak dilakukan pembersihan eceng gondok.


Kegiatan baku ada 70 persen, untuk pembangkit listrik diambil dari danau Tondano serta 4 Kabupaten/Kota mengambil sumber air bersih dari Danau Tondano.


"Kami, Dinas PUPR telah melakukan kegiatan pembersihan di danau Tondano karena eceng gondok ini mengancam sumber listrik dan sumber air bersih yang dinikmati oleh 4 Kabupaten/Kota menikmati air bersih dari danau Tondano.


Disamping itu, danau Tondano  ini salah satu fungsi untuk membangkitkan listrik dan sumber air bersih," tegas Tamengkel kepada JurnalManado.com Jumat (23/4/2021). (tino)