Iklan

May 31, 2021, 04:40 WIB
Last Updated 2021-05-31T11:40:48Z
Manado

Bahas PAD, Walikota AA Ingatkan Kiat Pertumbuhan Pendapatan


Jurnal Manado - Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang didampingi Sekretaris Daerah Kota Manado Bpk. Micler C.S. Lakat melakukan pertemuan dan pembahasan dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Senin (31/5-2021).


Pertemuan ini tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada Hari Jumat (28/5-2021) yang membahas soal pendapat dari pemerintah Kota Manado lewat Tupoksi Bapenda.


Walikota kembali mempertegas beberapa hal berkenaan dengan realisasi pajak, kendala-kendala yang dihadapi dilapangan dan lain sebagainya.


Harapan Walikota pada pertemuan awal Jumat tersebut agar dia mendapatkan Peta Potensi Pajak di Kota Manado kembali dibahas.


Dari hasil pembahasan Pajak Hotel dan Restoran masih menjadi andalan untuk Pajak di Kota Manado.


Walikota menanyakan soal beberapa Hotel dan restoran yang belum membayar Pajak dikarenakan ada bulan-bulan tertentu yang masih ‘bolong’ atau belum sempat membayar Pajak.


Ikut di bahas adalah soal PBB serta NJOP baik NJOP Bumi dan NJOP Bangunan termasuk membahas Zona nilai tanah, juga soal BPHTP. Boulevard II, Ringroad dan Perumahan ikut dibahas pengenaan Pajaknya.


“Harus ada kiat-kiat dan upaya meningkatkan pendapatan,” tegas Walikota.


Pembayaran Pajak yang baik dari masyarakat dan akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan infrastruktur yang baik untuk kepentingan masyarakat, kata Walikota.


Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah dan pendapatan-pendapatan daerah lainnya dikupas tuntas. Update PBB dan Pajak-Pajak lainnya termasuk mengejar hutang di-stressing Walikota.


“Kita harus mencapai target dengan waktu 7 Bulan yang ada, mana yang harus kita lakukan,” tegas Walikota.


Wakil Walikota ketika memberikan tambahan, menyampaikan bahwa kinerja harus ditingkatkan supaya target-target tercapai.


“Tingkatkan etos kerja dan mari kita berjalan bersama dalam gerbong atau ‘kapal’ yang sama,” tambah Wakil Walikota.


Hadir dalam pertemuan ini Kaban dan Sekertaris Bapenda beserta unsur pejabat sruktural yang ada dilingkungan Bapenda Kota Manado.(tim)