Iklan

May 21, 2021, 00:58 WIB
Last Updated 2021-05-21T07:58:34Z
DinamikaKesehatan

Disdukcapil & KB Sulut Gaungkan 1000 HPK Untuk Sulut Hebat


Jurnal Manado - Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan KB menggelar Kegiatan Pelaksanaan Fasilitasi Pembimbingan, Pengembangan dan Penguatan Penyiapan Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Jumat (21/05/2021) di Salah satu hotel di Manado.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sulut Voura Kumendong berharap Pemberdayaan keluarga terhadap pengasuhan keluarga yang benar dalam 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) dapat meningkatkan kemampuan keluarga terhadap sadar gizi dengan menerapkan prinsip gizi seimbang dan memberikan stimulai yang tepat baik saat kehamilan sampai anak berusia 2 (dua) tahun. Pengasuhan yang benar bisa membentuk kualitas seorang anak yang dapat dinilai dari proses tumbuh kembangnya. Proses tumbuh kembang  adalah proses yang sangat penting yang merupakan hasil interaksi antara faktor genetik (bawaan) dan faktor lingkungan (hasil pengasuhan). Oleh karena itu, dalam Gerakan 1000 HPK, pengasuhan sebagai faktor “nurture” (pemeliharaan, pengasuhan) menjadi sangat penting untuk menstimulasi dan mengintervensi faktor “nature” terlebih lagi yang beresiko, karena pengasuhan tersebut meningkatkan ketahanan tubuh yang dapat meminimalisir kerentanan akibat faktor bawaan.

"Kita juga berupaya mencegah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya, atau stunting," terang Voura.


Ia juga mengingatkan kondisi saat ini dimana masih adanya pandemi untuk itu ibu - ibu harus tetap menjalankan protokol kesehatan dan tetap menjaga asupan gizi.


"Kita ciptakan indonesia sehat, indonesia maju lewat keluarga yang sehat dan sejahtera terlebih khusus di sulawesi utara yang semakin hebat," tegasnya. Sembari mengatakan, kegiatan ini juga berkesinambungan dan berkelanjutan.(man)