Iklan

May 8, 2021, 21:43 WIB
Last Updated 2021-05-09T04:43:49Z
Dinamika

Disdukcapil Sulut Gelar Bimtek Pencatatan Sipil


Jurnal Manado - Untuk meningkatkan kinerja dan perkembangan pelayanan program di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil maka Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan KB Provinsi Sulawesi Utara yang di pimpin langsung Plt. Kadis Voura V. Kumendong, SH, melaksanakan Bimbingan Teknis Terkait Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan KB Daerah Provinsi.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Pencatatan Sipil Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si.


Kadis dalam sambutannya menyampaikan, Peran provinsi dan kabupaten/ kota dalam pencatatan sipil merupakan pelayanan kepada masyarakat yang sangat strategis dalam memenuhi target utama dalam admin kependudukan, sehingga penguatan kualitas menuju satu data kependudukan maka dituntut mampu sigap dan responsip .

Menurutnya, Dikducapil dan KB harus menyesuaikan dengan tantangan serta komitmen melakukan dan mengembangkan pelayanan sesuai aturan dengan regulasi yang berkembang , termasuk langkah dalam memperkuat sinergitas dinas provinsi dan kabupaten /kota se sulut.


"Saya berharap kegiatan ini dimanfaatkan sebaik - baiknya dan berdampak besar bagi masyarakat. Kedepan mari terus tampilkan kinerja dan kualitas kerja dan pelayanan sehingga menunjang pencapaian pembangunan untuk sulut hebat maju dan sejahtera," pungkasnya.


Sementara Direktur Handayani menjabarkan tentang pentingnya pencatatan sipil yang merupakan wujud dari pengakuan negara terkait status individu, status perdata, status kewarganegaraan seseorang.

Ketua Panitia Flora Pongoh, SE, MSi melaporkan, kegiatan dimaksud meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaporkan dirinya setiap timbul, peristiwa seperti kelahiran, perkawinan, kematian, secara teratur menjadikan data base bagian perencanaan pembangunan berwawasan kependudukan, termasuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi rekonsiliaai pentingnya dokumen kependudukan dalam memberikan perlindungan hak asasi manusia berdasarkan status yang ada.(man)