Iklan

May 6, 2021, 01:58 WIB
Last Updated 2021-05-09T11:16:40Z
Bitung

Operasi Ketupat Samrat 2021 Dilakukan Gabungan Personel TNI-Polri Bersama Instansi Terkait Untuk Tangkal Covid di Bitung


Jurnal Bitung - Bertempat di Depan Mapolres Bitung Kel. Girian Weru Dua, Kec. Girian, Kota Bitung, Personel Kodim 1310/Bitung Dipimpin Danramil 1310-01/Bitung beserta personel Gabungan Sub Denpom Bitung, Polres Bitung, Saptpol PP, Dishub dan Dinkes Bitung, melaksanakan kegiatan gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Samrat 2021, (5/5/2021).


Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Samrat 2021, dalam rangka pengamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 yang berlangsung selama 12 hari, mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dan menghimbau penggunaan Masker diwilayah Kota Bitung.


Bertindak sebagai Pemimpin Apel Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri MM, yang membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., sedangkan Komandan Apel dijabat Kasubag Humas Polres Bitung AKP Herman Katiandagho.


"Jadi amanat dari pak Kapolri, kira kita semua warga kota Bitung pemerintah dan semua elemen untuk memperhatikan. Apalagi terkait dengan larangan mudik, untuk dipahami dengan baik," kata Walikota Bitung.

Kabag Ops Polres Bitung Kompol Edy Saputra mengatakan, Dalam operasi ini juga kami akan fokus ke larangan mudik, kami akan himbau ke warga Bitung mau mudik agar tidak mudik atau minimal menunda.


"Ini karena situasi saat ini masih terjadi Pandemi Covid-19 dan kasus di negara India, jangan sampai terjadi di tempat kita," katanya usai apel gelar pasukan.


Menurutnya, kami meminta dan memohon kepada semua masyarakat Kota Bitung untuk menjaga, mempertahankan predikat kota Bitung yang masih bertahan di zona Kuning. Bahkan, berupaya dengan ketaatan dan disiplin warga terhadap protokol kesehatan (Prokes) bisa turun hingga zona hijau.


"Kami membuat pos terpadu dari unsur terkait, pos penyekatan di gerbang KEK Kelurahan Sagerat dan di Pelabuhan Samudera Bitung. Untuk antisipasi warga yang hendak datang ke Bitung dari jalur laut, dan untuk di KEK terus dilakukan himbauan ke masyarakat untuk tunda mudiknya dulu," ujarnya.

Dandim 1310/Bitung melalui Danramil 1310-01/Bitung Lettu Inf Julen Kasiaheng saat ditemui dikesempatan itu mengatakan, Penggelaran pasukan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan pasukan baik dari segi personel maupun materil dalam rangka pelaksanaan operasi terpusat bersekala besar dengan sandi "Operasi Ketupat Samrat Tahun 2021". 


"Nantinya pasukan ini akan disebar sesuai dengan pos-pos yang telah ditentukan untuk melakukan sederet tugas pokok operasi ketupat diantaranya penegakan protokol kesehatan, pengamanan hari raya serta pembatasan mobilitas masyarakat atau penyekatan antar Kota/Kabupaten," pungkas Danramil.


Pada kesempatan itu, Pimpinan Apel melakukan penyematan pita kepada perwakilan peserta Apel. Pita itu sebagai pertanda, pelaksanaan Operasi Ketupat dengan sandi Samrat 2021 yang berlangsung selama 12 hari dimulai.

Usai pelaksanaan Apel dilanjutkan pelaksanaan Operasi Ketupat Samrat 2021 didepan Mapolres Bitung dengan sasaran pengemudi Kendaraan Roda 2 dan 4 serta warga yang melintas. Masih ditemukan masyarakat yang tidak mematuhi Protokol Kesehatan, seperti tidak memakai Masker dan tidak menjaga jarak. Warga yang bandel pun diberikan himbauan serta teguran/peringatan supaya mematuhi Protokol Kesehatan.


Hadir dalam kegiatan Apel gelar pasukan, Kabag Ops Polres Kompol Eddy S Beserta Anggota Polres 10 Org, Danramil 1310-01/Bitung beserta Anggota Koramil 10 Org, Sub Denpom Bitung DPP Serma Darwin Beserta 2 Org, Yon Marhanlan VIII Bitung Dpp. Serda Marinir Anas Saputra Beserta 6 Org, Kabid SP3 Ibu Vera Kansil beserta 12 Org, Dishub dipimpin Bpk. Tonny Siu beserta 4 Org dan Dinkes Bitung dpp. Bpk Eqmon Rentengan. (Tam)