Iklan

June 21, 2021, 22:59 WIB
Last Updated 2021-06-22T05:59:34Z
Politik

Cindy Wurangian: Pemprov Antisipasi Virus ASF

NovLy Wowiling: Virus ASF Sulut Aman, Sudah Lakukan Langkah Antisipasi.



JurnalManado - Ketua Komisi ll Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Cindy Wurangian MBA mengatakan, Provinsi  Sulawesi Utara (Sulut) tetap waspada dengan virus yang terdampak pada ternak babi yaitu virus African swine fever (ASF).


Vurus ini sudah terjadi di daerah dan Provinsi lain. Sulut belum terdapat dan masih aman.


"Sebagai Anggota Dewan meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemporv) Sulawesi Utara (Sulut) untuk segera mengantisipasi virus ASF ini agar ternak babi tidak akan terdampak dengan virus ini.


Ditempat terpisah Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara lr. Novly Wowiling mengatakan, Sulut masih aman dengan virus ASF ini, tetapi sebagai Pemerintah pihaknya berharap tetap waspada dan menghindari dampak- dampak yang akan ternak pada ternak babi.


Pemprov Sulut melalui Dinas, sudah melakukan sosialisasi dan langkah antisipatif seperti memberikan himbauan pertama, batasi orang yang masuk berdatangan dari bandara, pemberian pakan yang berkualitas, jangan memberikan sisa-sisa  makanan dari dapur serta makanan dari sisa dari airpot. 


Sebab, indikasi ini jika tidak hindari virus ini akan berdampak pada ternak babi.


"kami telah melakukan sosialisasi mengantisipasi wabah virus ASF kepada  masyarakat melalui sosialisasi dan koordinasi terus dilakukan agar virus ASF tidak akan masuk di Sulut. (tino)