Iklan

June 28, 2021, 04:42 WIB
Last Updated 2021-06-28T11:42:56Z
PemerintahanUtama

Pengucapan Dilaksanakan Serentak Bulan September


Jurnal Manado - Pemerintah Provinsi bersama pihak Sinode GMIM memutuskan pelaksanaan Pengucapan Syukur serentak dilaksanakan pada bulan September tahun 2021 ini.

Hal ini usai dilakukan pertemuan antara pemerintah daerah Sulawesi Utara dan pihak terkait pada Senin, (28/6/2021) di Hotel Luwansa Manado.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Olly Dondokambey mengatakan, bahwa Pengucapan Syukur yang biasanya dilakukan di sebagian besar kebupaten dan kota di Sulut terus mendapat perhatian.

“Pengucapan Syukur merupakan salah satu tradisi keagamaan yang harus kita jaga,” ujarnya.

“Sesuai hasil rapat bersama antara pemerintah dan tokoh agama, pelaksanaan Pengucapan Syukur akan dilaksanakan serentak pada September nanti sekaligus pelaksanaan HUT Propinsi Sulut,” tambahnya.

Olly pun menyebut pihaknya masih terus memantau sekaligus mengevaluasi penyebaran covid saat ini.

“Tapi soal protap kesehatan yang ketat akan tetap dilakukan di tiap perbatasan daerah. Dan protapnya pelaksanaan saat Pengucapan Syukur masih dilihat perkembangan dan hasil evaluasi, jika terus meningkat maka pelaksanaannya hanya dilakukan di dalam rumah saja,” tambahnya lagi.

Lanjutnya, hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran covid 19, yang saat ini meningkat di seluruh Indonesia

“Memang ada peningkatan di daerah kita dengan adanya penambahan puluhan kasus baru, tentunya hal ini harus terus dipantau agar dapat diatasi,” jelas Olly.

Senada, Ketua Sinode GMIN Hein Arina mengatakan hal yang sama, bahwa Ini sebagai langkah antisipasi.

Sementara itu, Ketua FKUB Sulut Pdt Lucky Rumopa menjelaskan ibadah pengucapan syukur di gereja hanya akan diikuti sesuai ketentuan yang ditetapkan.

“Sebagian besar warga akan melaksanakan di rumah saja. Dan di tiap perbatasan akan dilakukan test swab bagi pendatang. Serta dilarang menggunakan motor saat berkunjung ke pengucapan, yang diperbolehkan memakai kendaraan roda empat,” katanya.(*)