Iklan

June 15, 2021, 03:21 WIB
Last Updated 2021-06-15T10:21:59Z
Mitra

Sukseskan Program STBM, Pemdes Tonsawang Ajak Warga Berprilaku Hidup Sehat


Jurnal,Mitra - Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan satu gerakan yang dilakukan oleh pihak puskesmas untuk melakukan pendekatan partisipatif dalam mengajak masyarakat untuk menganalisa kondisi sanitasi mereka melalui proses pemicuan, sehingga masyarakat dapat berpikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buruk mereka mengenai Buang Air Besar di sembarang tempat.


Bertempat di Desa Tonsawang Kecamatan Tombatu Senin 14/6/2021 telah dilaksanakan pertemuan warga bersama Puskesmas yang di fasilitasi Pemerintah Desa (Pemdes)  dalam rangka memberikan informasi tentang pentingnya pemicuan STBM kepada masyarakat.


Hukum Tua Marthinus Dokal mengatakan bahwa Pelaksanaan STBM yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari puskesmas Tombatu ini bertujuan untuk menuju perilaku hidup bersih dan sehat, dengan tidak Buang Air Besar Sembarangan. "berbagai aktifitasnya, seperti mencuci pakaian, mencuci piring, mandi dan lain sebagainya harus dengan air bersih begitu juga ketika membuang air besar jangan disembarang tempat,"Katanya 


Dijelaskannya bahwa ketika tidak melakukan pola hidup yang bersih akan sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat."Maka dari itu dengan adanya kegiatan STBM ini, diharapkan masyarakat akan memiliki kesadaran untuk  menggunakan  sarana air bersih dan berperilaku hidup sehat,terang Dokal.


Pada Kegiatan yang  di hadiri oleh warga masyarakat  mendapatkan bantuan berupa kloset dan pembuatan jamban dikerjakan secara swadaya oleh warga.(hak)