Iklan

July 20, 2021, 21:47 WIB
Last Updated 2021-07-21T06:12:00Z
ManadoUtama

AA-RS Tinjau Drainase dan anak sungai di seputaran Tikala


JurnalManado - Selesai rapat Virtual dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Rabu (21/7-2021) Walikota Manado  Andrei Angouw (AA) dan Wakil Walikota Richard Sualang (RS) didampingi Sekretaris Kota (Sekot) Micler C.S. Lakat dan Kadis PUPR John Suwu langsung turun lapangan melihat situasi dan kondisi anak sungai dan parit di Tikala.

Walikota bersama rombongan melihat langsung proses pembersihan dan pengerukan serta pelebaran sungai yang sedang dilakukan.


Kepada JurnalManado Walikota pilihan rakyat nengatakan, "dilokasi ini memang sering terjadi luapan air kejalan sampai pom bensin hingga ke lapangan Tikala. 


Perlu Pemkot Manado mengantisipasi masalah ini sehingga tuntas dilaksanakan,"tegas Mantan Ketua DPRD Sulut kepada JurnalManado.com usai kunjungan.


Kunjungan hari ini adalah lanjutan dari kunjungan-kunjungan sebelumnya Walikota yang mana saat itu Walikota Manado meninjau beberapa tempat dan lokasi jalan yang tergenang air.


Hujan berjam-jam membuat beberapa jalan disekitar ini terjadi genangan air bahkan berimbas pada jalan-jalan sepanjang anak sungai ini aliri.


Makanya setelah dilihat berkaki-kali, dianalisa mengapa air meluap kejalan, sumbernya dari mana dan faktor-faktor penyebab lainnya.


Dari hasil kunjungan lapangan ini sangat jelas bahwa sebagian besar saluran air terutama parit dan drainase tidak mampu lagi menampung debet air yang cukup besar. Selain parit dan anak sungai mengecil, juga disebabkan Drainase dan parit-parit dipenuhi banyak sampah. 


Keadaan inilah yang membuat air didalam parit dan drainase yang tersumbat bukan lagi melalui drainase dan parit tersebut tetapi keluar ke jalan di lorong-lorong dan menggenangi beberapa ruas jalan protokol.


Semua hasil dilapangan ini tentunya menjadi bagian kajian dan analisa dalam rangka pembuatan program penanggulangan banjir kedepan.(tino)