IDUL ADHA

IDUL ADHA

iDUL ADHA

iDUL ADHA

IDUL ADHA

IDUL ADHA

Iklan

July 19, 2021, 05:34 WIB
Last Updated 2021-07-19T12:38:06Z
PemerintahanUtama

Gubernur Serahkan 61 Ekor Sapi Kurban. Ketua PHBI Sulut : Pak Gubernur Layak Menyandang Gelar Khalifah


Jurnal Manado – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw, Senin (19/7/2021), menyerahkan sapi kurban sebanyak 61 ekor yang terbagi atas sumbangan Pemprov Sulut sebanyak 30 ekor, bantuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebanyak 1 ekor, pribadi Gubernur Olly Dondokambey sebanyak 30 ekor.


“Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha kepada umat Muslim di Sulut. Ini patut disyukuri bersama, karena meskipun dalam situasi pandemi kita boleh menyalurkan bantuan hewan kurban,” terangnya.
Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga menyerahkan 1.000 Alquran kepada perwakilan Dewan Masjid Sulut.

Ketua Umum Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sulut, Syahrul Poli menyampaikan bahwa pemberian pribadi Gubernur Sulut yang setiap tahunnya meningkat mendapat apresiasi.

Ia mengaku, Gubernur Olly Dondokambey layak menyandang predikat Khalifah.

“Predikat Khalifah ini layak disematkan kepada pak Gubernur Olly Dondokambey. Karena beliau merupakan orang yang menebarkan rasa kasih sayang kepada masyarakat Sulut,” sebutnya.

Padahal sebagai non muslim, lanjut Poli, pak Gubernur Olly Dondokambey tidak punya kewajiban untuk memberikan kurban.

“Tetapi pemberian ini merupakan bentuk perhatian sebagai sesama anak bangsa. Kiranya Allah akan mengirimkan malaikat untuk memberikan kasih sayang kepada Bapak Gubernur Sulut,” tukasnya.

Diterangkannya, pemotongan hewan kurban berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Karena di tengah Covid-19, maka hewan kurban tidak harus dipotong pada tanggal 20 Juli 2021. Namun dapat dilakukan pada tanggal 21, 22 dan 23 Juli 2021,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Kesra Setdaprov Sulut, Freddy Kaligis dalam laporannya menyampaikan untuk pengadaan hewan kurban diplot sebesar Rp800-900 juta.

“Sumber dana Biro Kesra ini merupakan anggaran rutin yang diplot setiap tahun untuk pengadaan hewan kurban,” bebernya.

Turut menyaksikan Ketua DPRD Sulut, Forkopimda Sulut, Ketua MUI Sulut, Ketua BAZNAS Sulut, Ketua Umum PHBI Sulut, Dewan Masjid, pejabat teras Pemprov Sulut, tokoh masyarakat dan para perwakilan penerima bantuan hewan kurban.
Diketahui 30 sapi kurban dari pemprov sulut diberikan kepada 10 masjid di kota manado, 1 masjid di kota tomohon, 3 masjid di kota minahasa, 3 masjid di kabupaten minahasa, 2 masjid di kabupaten minsel, 2 di masjid minut, 1 di masjid mitra, 3 di masjid bolmong, 3 di masjid boltim, 1 di masjid bolsel, 1 di masjid sitaro.(man)