Iklan

August 13, 2021, 23:42 WIB
Last Updated 2021-08-14T06:42:16Z
Mitra

Berbakti tanpa henti, Kwarda Sulut Ziarah ke TMP dan Upacara Ulang Janji di Pucak Emung Kawangkoan


Jurnal,Manado - Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke -60 Tahun, kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Utara melaksanakan rangkaian kegiatan untuk mengisi moment hari besar tersebut. Setelah sebelumnya membagikan ribuan masker gratis untuk masyarakat, Kwarda Sulut juga melaksanakan kerja bakti membersihkan kurang lebih 18 (Delapan Belas) makam pimpinan Mabida/Kwarda yang tersebar di Manado, Minahasa Utara dan Minahasa, kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado dan makam Pimpinan Mabida/Kwarda.


“Rangkaian kegiatan ziarah ini merupakan bentuk  apresiasi dan penghormatan kami dan andalan daerah Kwarda Sulut untuk jasa-jasa kakak-kakak pendahulu kita. Karena jasa mereka kita dapat berdiri tegak saat ini. Namun karena saat ini kita berada dalam berbagai keterbatasan karena pandemi maka tidak semua makam dapat kita kunjungi; maka beberapa hari lalu, Kwarda juga membersihkan sejumlah makam yang tersebar di manado, minahasa Utara dan Minahasa.” kata kak Vanda.


Lebih lanjut, Anggota Komisi X DPR RI ini mengatakan bahwa bertepatan dengan bulan bakti Pramuka ini, Kwarda terus mengingatkan dan mendorong agar setiap anggota Pramuka harus hadir membantu masyarakat.

“ Setiap Anggota Pramuka harus hadir membantu masyarakat apapun bentuknya, besar kecil kecilnya tergantung kemampuan tidak masalah. Bertepatan dengan moment Bulan Bakti ini, Kwarda Sulut mendorong agar Adik-adik dan kakak-Kakak untuk lebih peduli dengan keadaan masyarakat khususnya ditengah situasi pandemi yang belum berakhir. Kita semua harus saling membantu, bergotongroyong, dan saling mengingatkan” ungkapnya.


Kegiatan ziarah yang diawali dengan penghormatan dan peletakan Karangan Bunga di Taman Makam Pahlawan Kairagi dilanjutkan dengan tabur bunga di makam kak Mayjen TNI C.J. Rantung (Mantan Ka Mabida), kak Mayor TNI S.D Wuisan (mantan KaKwarda), kak Letkol Pol. K.H.E Sompie (mantan Waka Kwarda).

Kemudian dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di makam kak A.H.J Purukan,BA (mantan KaKwarda) di Desa Matungkas, lanjut ke Desa Pineleng untuk ziarah ke makam kak Prof.Dr. Refly F. Gerungan ( mantan Kapusdiklatda) dan dilanjutkan ke makam kak Dr. S.H Sarundajang (mantan Ka Mabicab dan Ka Mabida) di kawangkoan.


Rangkaian kegiatan tersebut diakhiri dengan Upacara Ulang Janji yang dilaksanakan di lokasi Monumen Tuhan Jesus Melawat Dunia, di puncak Emung Kawangkoan.(hak)