Iklan

August 12, 2021, 01:19 WIB
Last Updated 2021-08-12T08:19:18Z
EkonomiUtama

Ditengah Pandemi UMKM Sulut Terus Bertahan


Jurnal Manado - Meski dilanda virus pandemi COVID-19 yang berdampak pada perekonomian namun pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masih mampu bertahan. Khusus Sulawesi Utara (Sulut), ekonomi ditengah pandemi cenderung dapat tumbuh secara nasional.


“Hampir dua tahun kita berada di situasi ini. Namun kita harus bisa tetap survive dan optimis,” kata Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat membuka seremonial Hari UMKM Nasional 2021 di Taman GodblessPark Manado, Kamis (12/8/2021).


Pada kesempatan tersebut Wagub mengungkapkan "jurus" ampuh ditengah pandemi yaitu sehat fisik dan ekonomi.


“Rakyat Sulut badan harus sehat, ekonomi juga sehat. Kita harus pararel. Penangan covid kita baik. Namun demikian, di sisi ekonomi kita sangat membanggakan pula,” kata wagub.

Menurutnya, dari data BPS, pertumbuhan ekonomi Sulut berada diatas rata-rata nasional.


“Menurut hemat saya, tentu ini adalah kerja seluruh stakeholder. Dalam konteks umkm, korelasi benang merah adanya pertumbuhan ekonomi,” katanya.


Dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Sulut, agar tetap menerapkan hidup sehat.


“Didaerah kita masih ada kabupaten/kota yang zona merah. Namun begitu, tetap terapkan protokol kesehatan. Terpenting bantu dan lindungi diri anda, keluarga anda. Dan jangan lupa untuk lakukan vaksinasi,” sebutnya sembari menambah untuk dosis vaksin saat ini sementara diupayakan agar satu dua hari ini sudah ada.


“Ini pak Gubernur sedang upayakan. Semoga satu dua hari ini sudah ada. Target kita sebelum Natal, Sulut sudah Herd imunity,” pungkasnya.(man)