Iklan

September 19, 2021, 17:46 WIB
Last Updated 2021-09-22T00:49:19Z
Olahraga

PBSI Lepas Kontingen Piala Sudirman dan Thomas - Uber


Jurnal Olahraga - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Agung Firman Sampurna beserta Sekretaris Jenderal Mohammad Fadil Imran melepas dan mengukuhkan tim Piala Sudirman dan Thomas-Uber, Senin (20/9) sore. Pelepasan dan pengukuhan digelar di markas PBSI, Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur.


Acara ini diawali dengan sesi foto tim lalu dilanjutkan dengan tradisi hormat bendera Merah-Putih. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberian apresiasi kepada pelatih kepala ganda campuran Richard Mainaky yang akan pensiun dalam waktu dekat. Juga diadakan simulasi penanganan serangan jantung di lapangan sebagai bekal ilmu para anggota tim bila terjadi kasus yang tidak diinginkan.


Dalam sambutannya, Agung menyampaikan bahwa PBSI sudah menjalankan semua tahapan-tahapan dalam rangka menyambut tiga turnamen penting tersebut.


"Tahapan demi tahapan sudah kita lalui menjelang tiga turnamen penting ini. Dari mulai pemulihan rekan-rekan paska Olimpiade, lalu menjalani latihan intensif hingga hari ini, juga kita sudah sama-sama menggelar simulasi. Tahapan pemenuhan administrasi pun sudah kita penuhi. Kita berharap dan kita ingin memastikan semua berjalan dengan lancar, kita tidak mau kejadian di All England kembali terulang," kata Agung.


"Selanjutnya, sebentar lagi teman-teman akan memulai perjuangan di tahap pertandingan. Semua persiapan sudah kita laksanakan dan saya percaya sepenuhnya bahwasanya dengan apa yang telah kita hasilkan di Olimpiade, semangat dan motivasi yang ada di atlet, pelatih, dan tim ofisial semakin besar," sambungnya.


Lebih lanjut, Agung mengatakan bahwa bulutangkis adalah ikon pemersatu bangsa Indonesia sehingga ia berharap dengan tampilnya tim Merah-Putih di ajang Piala Sudirman dan Thomas-Uber dapat membuat Indonesia semakin bersatu.


Agung juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersusah payah mempersiapkan semua sekaligus memberikan doa terbaik.


"Bulutangkis telah menjadi ikon yang mempersatukan di negara ini, nah teman-teman tidak saja mengemban harapan kita untuk berprestasi, tidak saja dahaga kita menghasilkan prestasi tetapi juga harapan kita untuk membuat kita menjadi lebih bersatu," ucap Agung.


"Terima kasih saya sampaikan untuk semua yang sudah bersusah payah dalam mempersiapkan semua ini, baik pemain, pelatih, pengurus. Yang berjuang ayo berjuang dengan segenap tenaga, jangan menyerah sampai titik darah penghabisan. Kemudian kita akan memberikan doa karena teman-teman semua adalah harapan seluruh rakyat Indonesia. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim tim Piala Sudirman dan Thomas-Uber saya lepas. Bertanding untuk menang!," pungkasnya.


Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Mohammad Fadil Imran mengucapkan pesan untuk terus menikmati pertandingan dan fokus.


"Bermainlah dengan tenang, nikmati pertandingan. Kalau bisa kurangi membaca informasi-informasi yang tidak penting di social media agar fokus tidak terganggu," pesan Fadil singkat.


Piala Sudirman 2021 akan bergulir pada 26 September hingga 3 Oktober di Finlandia, berlanjut dengan Piala Thomas-Uber 2020 pada 9-17 Oktober di Denmark.


Tim Piala Sudirman Indonesia akan terbang ke Finlandia pada Selasa (21/9) malam pukul 21.05 WIB menggunakan pesawat Turkish Airlines dengan nomor penerbangan TK57 via Istanbul. Sementara beberapa pemain yang akan turun di Piala Thomas-Uber akan menyusul ke Denmark pada Senin (4/10) pukul 19.25 WIB menggunakan pesawat KLM dengan nomor penerbangan KL838.


(PBSI/JMC)