Iklan

October 9, 2021, 04:00 WIB
Last Updated 2021-10-10T08:00:24Z
PemerintahanUtama

Gubernur Apresiasi "TEMAN SEJATI" BPTD Wilayah XXII Sulut Dapat Tingkatkan Keselamatan dan Dukung Pencegahan Covid - 19


Jurnal Manado - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey diwakili Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Prov. Sulut Lynda Watania memberikan apresiasi kepada Balai Pelaksana Transportasi Darat  Wilayah XXII Sulut yang telah melaksanakan Webinar Keselamatan Jalan yang bertema sangat menarik yakni “TEMAN SEJATI (TEtap aMAN, SElamat di JAlan dan hati-haTI)”. 


"Saya apresiasi kepada jajaran Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara yang telah menginisiasi dan memprakarsai Webinar ini. Kegiatan yang sangat strategis dan dapat menjadi instrumen bagi kita bagi seluruh masyarakat dalam menjaga keselamatan di jalan, dan tetap aman, serta mencegah dari  COVID-19," kata Gubernur.


Gubernur memahami maksud dan tujuan dari Webinar ini adalah untuk berbagi pengetahuan terkait keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, disamping itu, membuat semua dapat menjadi pelopor keselamatan jalan dan dapat memberi dukungan berarti dalam pencegahan COVID-19 pada sektor transportasi darat. 


"Ini sungguh bermuatan penting. Terlebih berdasarkan data dari Kepolisian, 3 penyebab kecelakaan alu lintas adalah: faktor manusia (61%) yang berkaitan dengan kemampuan serta karakter pengemudi; faktor lingkungan (30%); dan faktor kendaraan (9%). Disimpulkan, penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah perilaku pengguna jalan yang tidak aman dan hati-hati,"terangnya.


Karena itulah, gubernur berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, serta dapat di ikuti dan dimanfaatkan bersama, sehingga menuai output dan outcome sebagaimana yang menjadi sasaran, hingga meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran, serta kepedulian kita akan keselamatan jalan, yang amat berdampak menurunkan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas di jalan, namun meningkatkan keamanan dan kesehatan kita sebagai pengguna jalan, terlebih di masa sekarang ini, yang masih diselimuti pandemi, dan transportasi turut berpotensi menjadi 

tempat penyebaran virus. 


"Saya berharap, para Pelajar dapat manfaatkan kegiatan ini untuk kedepan dapat turut menciptakan transportasi darat yang lebih baik, dengan mengaplikasikan tema TEMAN SEJATI, benar-benar menjadi teman sejati dalam setiap aktivitas kita, sebagai pengguna jalan. Lebih dari itu, dapat menjadi 

pelopor keselamatan jalan, pelopor bagi masyarakat untuk TEtap aMAN, SElamat di JAlan dan hati-haTI. Selanjutnya, melalui kesempatan ini, Saya juga berharap, kiranya kita akan terus bersama-sama dalam menangani pandemi COVID-19, hingga daerah Sulawesi Utara pulih dari COVID-19, dan keadaan kembali normal lagi seperti sedia kala. Saat ini daerah kita memang seluruhnya sudah berisiko rendah, namun upaya kita mematuhi protokol kesehatan saat berkendara, dan sebagainya dalam rutinitas kita menggunakan sarana transpotasi harus tetap terjaga, hingga pandemi ini benar-benar selesai. Mari sama-sama kita hadirkan transportasi yang selamat, aman, nyaman dan tertib, yang nantinya mampu mendukung upaya dan aktivitas pembangunan Pemprov Sulut di lintas sektor, dalam langkah menjadikan Sulut yang semakin maju dan sejahtera," pungkasnya.(man)