Iklan

November 24, 2021, 17:19 WIB
Last Updated 2021-11-25T01:20:12Z
PendidikanUtama

Berhasil Jabarkan Disertasinya, Ruaw Sandang Gelar Doktor


Jurnal Manado - Dr. Drs. Jackson F. Ruaw, M.Si berhasil mempertahankan Disertasinya lewat Tim Penguji Ujian Promosi Doktor, Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unsrat Manado, Senin (22/11/2021).


Ruaw  diuji secara daring oleh Tim Penguji yang dipimpin Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Grevo S. Gerung, M.Si. 


Ia memaparkan hasil disertasinya yang menurut Ruaw, dalam pengelolaan investasi, fenomena empirik cenderung menunjukkan iklim investasi yang semu, sehingga kebijakan Pemerintah dan Pemerintah Daerah di bidang investasi langsung (PMA dan PMDN) tidak menyentuh permasalahan mendasar investasi dan kebutuhan investor.


“Pemerintah butuh investasi, namun investor butuh iklim investasi yang benar-benar kondusif, sehingga bisa menguntungkan. Kepuasan dan loyalitas investor akan terwujud jika unit pelayanan pemerintah /Pemda di bidang investasi, berkomitmen dan berusaha menciptakan suatu kondisi yang stabil secara politik, sosial dan ekonomi, yang didukung tersedianya perangkat hukum, kelembagaan, sumber daya manusia dan infrastruktur yang memadai, yang memberikan jaminan dorongan, kesempatan dan peluang yang kondusif bagi berkembangnya usaha investasi yang produktif dan menguntungkan. Investor yang puas dan setia, akan menciptakan new investment dan reinvestment secara berkelanjutan,” jelas Ruaw.


Berkaitan dengan variabel iklim investasi, lanjut Ruaw, terdapat beberapa indikator yang harus diperhatikan dalam mewujudkan investasi yang berdaya tarik, berdaya saing dan berkelanjutan, yaitu keamanan investasi, deregulasi investasi, potensi dan peluang pengembangan investasi, akses lahan/tanah, pemberdayaan usaha, penataan infrastruktur, ketersediaan tenaga kerja/SDM, komitmen Pemda, kinerja ekonomi daerah dan reformasi birokrasi.


“Kolaborasi dan sinergitas kebijakan yang terkait indikator iklim investasi, dapat menciptakan iklim investasi yang benar-benar kondusif, yang akan mendorong peningkatan kepuasan dan loyalitas investor untuk menanamkan modalnya di daerah. Iklim investasi tidak hanya aspek keamanan saja, tapi juga menyangkut aspek strategis diatas," kata Kepala Bagian Protokol Setda Prov. Sulut.


Dalam kaitan itu tutur Ruaw, unit pelayanan investasi, seyogianya menyusun kebijakan sistem manajemen investasi yang mampu menempatkan kepentingan Pemerintah/Pemerintah Daerah dan investor secara win-win solution, tepat dan menguntungkan, sehingga tujuan investasi yaitu meningkatkan kapasitas perekonomian, daya saing dan keberhasilan pembangunan daerah, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.


Untuk itu, dukungan prasarana, sarana dan fasilitas yang memadai serta kualitas pelayanan investasi yang optimal, merupakan hal penting dan strategis untuk mewujudkan pertumbuhan realisasi investasi yang signifikan,” tandas suami tercinta dari Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Kota Manado, Lydia Kaawoan SSTP.


“Selamat menikmati berkat Tuhan untuk suamiku tercinta yang telah menyelesaikan studi Dr Drs Jackson F Ruaw MSi. tetap rendah hati dan terus menjadi berkat bagi semua orang,” ucap Lidya Maya Kaawoan.(*)