Iklan

November 24, 2021, 06:36 WIB
Last Updated 2021-11-24T14:36:53Z
OlahragaUtama

Sosialisasi DBON, Sulut Bakal Jadi Tuan Rumah Kejuaran Dunia Word Beach Games. Wagub : Kita Persiapkan Sarana dan Prasarananya


Jurnal Manado – Sulut menjadi salah satu tempat sosialisasi karena Sulawesi Utara dianggap punya potensi baik untuk olahraga pendidikan, olahraga rekreasi olahraga prestasi, untuk industri olahraga untuk wisata olahraga lengkap. Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali saat memberikan sambutan  Sosialisasi Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang digelar di Hotel Peninsula Manado, Rabu (24/11/21).


Dijelaskan Amali, Perpres  86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional ini harus disosialisasikan ke berbagai daerah.

Karena ada tugas tugas dari pemerintah daerah baik pemerintah provinsi maupun Pemerintah kabupaten kota tentang implementasi dari Desain Besar Olahraga Nasional, mencakup hulu yakni urusan kebugaran masyarakat sampai hilirnya adalah prestasi.

“Makanya jika olahraga kita belum terdesain dengan baik maka Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada saya untuk mereview fakta tentang ekosistem pembinaan olahraga nasional, hasilnya yang ada sekarang, jadi yang mengawal ini adalah bapak Presiden Joko Widodo pada peringatan HUT Olahraga Nasional ke 37 tahun 2020 lalu, beliau perintahkan langsung.Teman-teman tadi menyaksikan potongan dari arahan beliau, selalu saya tampilkan, untuk apa? untuk supaya orang tahu dari mana asalnya lahir Perpres 86 ini, darimana lahirnya DBON,” papar Menpora.


Kemarin saya ketemu dengan pak Gubernur Sulut  Olly Dondokambey, dan Pak Wagub Steven Kandouw,  bahwa kita akan merencanakan kegiatan-kegiatan baik nasional maupun internasional yang kita bisa lakukan di Sulawesi Utara. Salah satunya World Beach Games (WBG) 2023, lanjut Menpora.



 

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Steven OE Kandouw mengatakan, kehadiran Perpres nomor 86 Tahun 2021 tentunya sangat kami dukung dan respon positif.


“Terlebih karena Perpres DBON ini menjadi arah kebijakan dalam pembinaan dan pengembangan keolahragaan jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif, untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan,” ucapnya.


Ia pun menegaskan bahwa, Pemerintah Daerah dan stakeholder olahraga di Provinsi Sulawesi Utara, pastinya akan menjadikan Perpres DBON sebagai pedoman, sebagai kompas, dalam melanjutkan dan memastikan pembangunan pada bidang keolahragaan di Bumi Nyiur Melambai.


“Hingga dapat berjalan secara efektif, efisien, terukur, sistematis dan akuntabel tentunya,” ujar Wagub Kandouw.


Wagub Kandouw juga mengungkapkan bangga, karena Sulut menjadi salah satu provinsi dari 10 provinsi yang ada dalam kegiatan sosialisasi ini.


“Atas nama Gubernur dan seluruh Atlet yang ada di Sulawesi Utara, mengucapkan terimakasih kepada Bapak Menpora Zainudin Amali atas kehadirannya di Sulut, kiranya dengan ada adanya Desain Besar Olahraga Nasional ini, dapat memajukan olahraga dan prestasi di Bumi Nyiur Melambai, apalagi seperti dikatakan pak menteri bahwa sulut salah satu tempat yang akan dijadikan ajangWorld Beach Games (WBG) tahun 2023. Tentunya kita akan mempersiapkan sarana dan prasarananya ” pungkas wagub yang juga Ketua KONI Sulut ini.(man)