Iklan

November 8, 2021, 17:31 WIB
Last Updated 2021-11-09T01:51:04Z
PemerintahanUtama

Tol Manado - Amurang Disetujui. Ini Kata Gubernur


Jurnal Manado - Ditangan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw Sulawesi Utara terus membangun mega proyek. Salah satunya pembangunan jalan Tol Manado-Amurang.


Menurut Gubernur bahwa proyek sudah disetujui oleh pusat dan pembangunan Tol masuk major project nasional usulan dari Provinsi Sulut.


Adapun 3 usulan major project nasional selain Tol Manado-Amurang, ada juga Pembangunan Jembatan Lembeh-Bitung, dan Pembangunan Jembatan Pulau Karakelang.


Gubernur mengatakan, Tol Manado-Amurang sangat feasible dibangun. Meski begitu pemerintah belum akan menggunakan dana APBN untuk membangun tol ini. Pemerintah menunggu persetujuan investor karena tol akan dibangun dengan dana investasi.


"program sudah disetujui, proyek ini dari dana investasi," kata Gubernur. Sembari mengatakan menanti investor kucur dana 7 triliun.


Dijelaskan gubernur, pembangunan tol sangat menguntungkan diantaranya mempersingkat waktu tempuh dan kelancaran distribusi. Selain itu sebagai penghubung kegiatan eksport - import semisal di bitung. Kemudian kegiatan pertanian perkebunan di daerah selatan bisa dihubungkan lewat tol ke utara. Jalan tol juga untuk menunjang daerah wisata, selaras dengan pertumbuhan pesat kunjungan wisata di Sulut.


"Perjalanan biasa memakan waktu 1,5 jam dan jalannya berkelok, dengan tol kita hanya butuh waktu kurang lebih  30 menit saja," pungkas OD.

Diketahui saat ini sulut sudah memiliki jalan tol manado - bitung.(*man)