Iklan

November 2, 2021, 14:53 WIB
Last Updated 2021-12-10T21:56:48Z
Pendidikan

Unsrat Gelar Workshop Softskill dan Hardkill Bagi Dosen


MANADO--Guna pembentukan sumber daya manusia (SDM) maka Universitas Sam Ratulangi menggelar pelatihan soft kill dan hard kill . Kegiatan dihadiri langsung 

Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA sekaligus membuka kegiatan.  Kumaat dalam sambutannya mengatakan  salah satu komponen penting dalam proses pendidikan tinggi adalah pembentukan SDM dalam hal ini berkaitan dengan pembentukan karakter dosen perguruan tinggi. 

"Perguruan tinggi sebagai lembaga yang menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan bagi dosen, penting untuk mengedepankan hard skill dan soft skill. Soft skill bagian dari pendidikan karakter karena berkaitan dengan pengembangan kualitas diri dalam meningkatkan kinerja,"jelas Ellen. 

Rektor berharap, dosen sebagai penyelenggara kegiatan di prodi menjadi pribadi yang kreatif, mampu mengajar, mendidik, menginspirasi serta menjadi suri teladan. "Tuntutan ini juga mendorong lulusan institusi pendidikan utama memiliki kapasitas mengintegrasikan kemampuan bekerja secara multidisiplin dan multi-keahlian (integrated skills),"terang mantan dekan Fakultas Teknik ini. 

Diapun berpesan, tujuan workshop ini adalah pengembangan softskill untuk membentuk karakter dosen yang tangguh, cakap dan cerdas."Ini dalam menjalankan tugas terutama sebagai pendidik,"tambahnya. (tra)