Iklan

December 27, 2021, 21:07 WIB
Last Updated 2021-12-28T05:07:05Z
DinamikaUtama

Melalui Kadis Steven Liow, Gubernur Apresiasi Nort Sulawesi Digital Transformasi Workshop


Jurnal Manado - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sulawesi Utara (Sulut) Steven Liow memberikan apresiasi yang tinggi serta merespon positif acara Nort Sulawesi Digital Transformasi  Workshop yang bertajuk Innovation Driven Enterprise" ini yang begitu relevan dengan kondisi sekarang, sekaligus memberikan apresiasi kepada Kadin Sulut, beserta segenap pihak yang telah memprakarsai. 

"Kita tau bersama, bahwa transformasi digital, utamanya ekonomi digital telah menjadi kontributor besar bagi pertumbuhan ekonomi, telah menjadi penopang yang. berhasil dalam memfasilitasi perdagangan, menciptakan lapangan kerja baru dan peluang-peluang ekonomi, serta memperluas pasar," ucap Gubernur melalui Kadis Steven Liow, Selasa, (28/12/2021)


Menurutnya, Transformasi digital, ekonomi digital juga telah mengubah tatanan di tengah kehidupan masyarakat ke arah yang semakin efektif, efisien dan praktis. Karena itu, disamping mendorong pengembangan transformasi digital, pengembangan ekonomi digital dalam kegiatan-kegiatan pemerintahan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan mengarahkan masyarakat untuk memanfaatkan teknologi digital yang sudah berkembang pesat, guna mendukung ekonomi digital. 


Tahun 2022, menjadi momentum transformasi digital, ekonomi digital membuktikan diri untuk dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di masa yang kemudian menuntut Pemerintah Daerah mampu mengoptimalkan peranan-peranan ekonomi digital, antara lain: mendorong digitalisasi layanan ekonomi; mendorong perdagangan barang melalui layanan e-commerce, terlebih khusus untuk pelaku UMKM; serta memfasilitasi pembayaran dan penyaluran kredit. 


Selain itu lanjut gubernur, yang juga menjadi tantangan adalah bagaimana memperbanyak masyarakat yang mampu menerapkan gaya hidup digital, serta mensolusikan isu-isu. yang ada akibat penerapan gaya hidup digital di tengah masyarakat, untuk mengakselerasi gerak langkah dan pencapaian tujuan pembangunan di daerah, telebih khusus dalam pemulihan ekonomi. 


Sebagai bagian dari upaya mempengaruhi gaya hidup digital di tengah masyarakat, sekaligus penanganan dan penyelesaian dampak pandemi COVID-19, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di tahun ini masih komitmen melakukan interaksi online dengan masyarakat, antara lain: menyediakan platform digital atau teknologi dan menjamin kualitas dan konsistensi suplai secara online untuk memenuhi permintaan pasar. 


Ekonomi digital akan dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi pasca pandemi pada tahun 2022, jika kita berada dalam satu pemahaman, bersinergi, saling mengisi, dalam merangkul teknologi digital untuk ekonomi digital. 


"Saya berharap dengan pelaksanaan Workshop ini akan semakin mengarahkan gaya hidup kita, gaya hidup masyarakat ke arah digital, sehingga bersama-sama kita bisa mendorong kreativitas dan perluasan kegiatan ekonomi masyarakat, yang sudah tentu dapat mendukung kemajuan daerah, mewujudkan “Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik”, serta berkontribusi terhadap pembangunan nasional untuk “Indonesia Maju”," tandasnya.

Hadir sebagai pembicara Pakar Iinformasi dan Teknologi (IT) Christ Ngantung, Toronata Tambun Alumni of Havard Bussines School, Marketing & Solutions Director Lintas Arta, Bpk. Ginandjar.(man)