Iklan

January 14, 2022, 23:04 WIB
Last Updated 2022-01-15T07:04:36Z
MitraUtama

Disdukcapil Mitra Tanamkan Nilai Kebangsaan Saat Warga Mengantri Urus Dokumen


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengajak warga masyarakat untuk melagukan lagu-lagu Nasioanal dan Wawasan Kebangsaan seperti membaca Pancasila saat menunggu antrian dalam pengurusan Dokumen di Kantor Blok A Kelurahan Wawali Pasan Kecamatan Ratahan.


Kepala Dinas Pieter Owu mengatakan Jumat 14/1/22 diruang kerjanya bahwa hal tersebut sudah dilaksanakan sejak pertengahan tahun 2021 yang lalu."Jadi setiap hari jam 10 pagi, semua warga yang sedang mengantri mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil diajak untuk menyanyikan lagu-lagu kebangsaan serta mengikuti pembacaan Pancasila,"katanya.


Lanjut dijelaskannya bahwa ditengah kompleksitas ancaman guna mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh harus dibangun kepada setiap warga dengan menanamkan nilai-nilai kebangsaan."Karena itu dibutuhkan penanaman kesadaran bela negara sebagai bentuk revolusi mental, dalam menanamkan nilai kebangsaan Tanah Air. Maka, dan wawasan Nusantara kepada warga,"ujar Owu.


Untuk itu dirinya menegaskan bahwa keikutsertaan seluruh elemen bangsa sangat penting dalam menambah nilai kebangsaan.“Ini sudah merupakan  program dari Disdukcapil Mitra dalam memupuk rasa kecintaan kita terhadap tanah air, sebab kekuatan rakyat bukanlah kekuatan yang bersifat fisik atau materiil semata, namun juga merupakan kekuatan jiwa yang sangat kuat didasarkan atas kecintaannya yang mendalam terhadap bangsa dan negaranya lewat mendengar kan lagu-lagu nasional dan menghafal Pancasila,"tegas Owu. (hak)