Iklan

January 19, 2022, 03:03 WIB
Last Updated 2022-01-19T11:03:00Z
Politik

Stafsus Wali Kota Manado Respon Keluhan Warga GPI Soal Sampah


JurnalManado - Warga mengeluh terkait sampah di jalan Rambutan Perumahan Griya Paniki Indah (GPI) direspon Staf Khusus (Stafsus) Wali Kota Manado bersama Kecamatan Mapanget. 


Gerak tindak lanjut atas beragam persoalan itu dilakukan.


Hal tersebut ditegaskan Staf Khusus Wali Kota Manado Reza Rumambi. Pihaknya telah menindaklanjuti keluhan-keluhan yang dialami dan dirasakan warga. Utamanya berkaitan dengan persoalan sampah di Jalan Rambutan Perum GPI.


Rumambi mengatakan, untuk persoalan sampah yang menumpuk di jalan Rambutan sudah langsung dikordinasikan kepada pihak Kecamatan Mapanget.


"Bapak Camat Robert Dauhan dan bapak Sekertaris Camat Stanly Rondonuwu langsung merespon itu," kata Rumambi, Rabu (19/1).


Rumambi pun berharap masyarakat yang berada di kompleks tersebut untuk tidak membuang sampah sembarang.


"Saya berharap ketika sudah dibersihkan sampah di daerah tersebut, memohon agar warga untuk tidak lagi membuang sampah sembarang. Menjaga kebersihan bersama berarti melindungi keluarga kita dari berbagai penyakit. Kebersihan juga pangkal dari iman," ujar Rumambi yang juga Penatua Pria Kaum Bapa (P/KB) GMIM Pinaesaan GPI.


"Lebih baik langsung action melakukan kerja nyata, dari pada mencari-cari kesalahan atau kritik tanpa ada data tidak jelas. Mari langsung bekerja," tegasnya.


Sementara itu, Camat Mapanget Robert Dauhan mengatakan proses pengangkutan sampah di jalan rambutan perum GPI sudah ditinjau terlebih dahulu.


"Kemarin sore, saya sudah turun lapangan melihat kondisi sampah yang menumpuk kompleks tersebut dan langsung merespon," kata Dauhan.


Dirinya pun menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang.


"Torang jaga torang pe lingkungan. Kalau bersih tentu akan berpengaruh pada torang pe kesehatan. Tugas torang pemerintah tetap akan berupaya semaksimal mungkin untuk pengangkutan sampah," ujarnya Dauhan kepada JurnalManado.com


"Tapi tetap mohon bantuan dari masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan. Masyarakat diharapkan untuk menegur kalo ada yang buang sampah sembarangan," sambungnya.


Nampak hadir dalam proses pengangkutan sampah di area tersebut, Sekertaris Camat Mapanget, Lurah, dan kepala-kepala lingkungan perum GPI.(tino)