Iklan

January 19, 2022, 05:47 WIB
Last Updated 2022-01-19T13:47:31Z
Bitung

Kilas 2021, DLH Kota Bitung Berhasil Bawa Bitung Bersih


Jurnal Bitung - Sepanjang 2021 silam, salah satu OPD yang mengalami dinamika cukup tinggi adalah jawatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bitung. Sempat didera oleh berbagai  catatan kritis, Kepala Dinas Sadat Minabari, S.Pi, MSi, DLH berhasil membawa kota Bitung menjadi makin bersih.

Kebersihan kota yang selama ini menjadi topik utama  sentilan warga, faktanya dengan fokus pada penanganan problem, DLH berkutat menggalang semua potensi dan berhasil menangani permasalahan. Bitung bersih dan menuai apresiasi publik. 

Dikatakan Sadat kepada media ini, selain memastikan respon cepat atas keluhan timbulan sampah, pihaknya juga menambah wadah berupaya tong sampah dan diletakan di sejumah titik strategis. 

Ada sekitar empat ratus lebih  tong sampah disiapkan dan saat ini telah terdistribusi dua ratus lebih, semua dikontrol saban hari, dan sangat membantu mengejewantahkan program MMHH, kami menjawab kritik sampah mau dibuang ke mana, sudah ada wadahnya papar Sadat.

Menjawab pertanyaan wartawan, ada hasil pantauan lapangan yang memperlihatkkan masih adanya timbulan sampah secara sporadis, terutamanya di sejumlah titik sepi dari amatan petugas, Sadat mengatakan sangat perlu kesadaran  warga agar membuang sampah pada tempat dan mengikuti jam  buang sampah yang sudah ditentukan. 

PENGURUSAN PERIZINAN 

Di sepanjang tahun 2021, DLH juga berhasil menata alur pengurusan Perizinan Sektor Lingkungan Hidup,  menjadi produktif dan fast respon. 

Selama ini ada sejumlah dokumen yang menjadi domain persetujuan DLH yakni ; - Persetujuan Lingkungan, - Persetujuan Teknis Bakumutu ;    Emisi Udara, - Persetujuan Teknis Bakumutu ;   Air Limbah, - Persetujuan Teknis Tempat ;    Penyimpanan Sementara,    Limbah B3.

DLH Kota Bitung menurut Sadat memastikan pengurusan Perizinan Sektor Lingkungan Hidup terlakasana dengan baik, terutamanya memastikan tidak ada kendala dan cepat selesai. 

Tahun lalu dan tahun ini, kami memastikan semua yang berkaitan dengan pengurusan perizinan ditangani dengan baik, akurat dan cepat, sehingga tidak ada dokumen yang tertahan atau mengendap kata Sadat.

Untuk tahun 2022 ini, Sadat bertekad meningkatkan pelayanan dan kinerja dalam kerangka mengeksekusi semua program MMHH yang terintegrasi dengan OPD yang dipimpinnya. 

Sebagaimana pemantauan media ini, sempat menerima berbagai keluhan publik, namun Sadat berhasil membalikan keadaan, sampai akhir tahun 2021, DLH dianggap salah satu OPD yang tanggap dan memiliki kemajuan kinerja yang nyata dan berdampak positif.(rkm/*)