Iklan

January 24, 2022, 16:52 WIB
Last Updated 2022-01-25T00:52:15Z
Mitra

Sukseskan Program Pemulihan Ekonomi, Desa Buku Selatan Siap Kelola Dandes TA 2022


Jurnal,Mitra - Pemerintah Desa (Pemdes) Buku Selatan Kecamatan Belang siap Kelola Dana Desa (Dandes) Tahun Anggaran 2022, Untuk Pemulihan Ekonomi Demi meningkatkan Taraf Hidup dan Kesejahteraan Rakyat.


Hukum Tua (Kumtua) Desa Buku Selatan  Suryadi Ilolu menuturkan bahwa setela melakukan Evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES) Tahun Anggaran 2022 oleh TIM  Evaluasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD). maka pihaknya segera menindak lanjuti semua yang menjadi catatan untuk menjalankan program pemerintah yang difokuskan untuk pemulihan ekonomi."Kami pemdes akan menjalankan sesuai peraturan yang telah diedarkan oleh Kementrian tentang pengunaan Dana Desa tahun 2022 yang sudah ditentukan pengunaan anggarannya," ujarnya.


Ilolu juga menerangkan bahwa sesuai intruksi yang sudah diedakan yaitu Dana Desa dari APBN diperuntukkan untuk memulihkan ekonomi dan pemulihan kesehatan." Intruksi pengunaan Dandes yaitu 40% Untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), 20% Untuk Pangan,8% Untuk Penanganan Covid 19. Sisa 32 % untuk kegiatan rutin laiinnya,"Terangnya.


Untuk itu Kumtua mengharapkan agar warga masyarakat Desa Buku Selatan wajib memanfaatkan bantuan -bantuan Pemerintah demi pemulihan ekonomi."Jangan sampai dana tersebut menjadi mubasir, saya harap warga tingkatkan produksi pertanian untuk ketahanan pangan, agar supaya pemulihan ekonomi akan terwujud, Jajaran Pemerintahan Desa juga wajib memberikan contoh supaya warga dapat bergerak demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat,"Tegas Ilolu.(hak)