Iklan

January 12, 2022, 16:26 WIB
Last Updated 2022-01-13T00:37:49Z
KesehatanUtama

Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi.Wagub : Vaksinasi dan Prokes Sangat Penting


Jurnal Manado - Imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.


 kekebalan tubuh yang spesifik terhadap penyakit yang seharusnya dapat dicegah dengan pemberian vaksin tersebut. Apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata, maka akan terbentuk suatu kekebalan kelompok (herd immunity). Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga dapat menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial serta ekonomi. Vaksinasi Covid-19 dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada.

Hal inilah karena kecintaan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw sehingga mereka terus mendorong pelaksanaan vaksin kepada rakyat sulut.

Seperti hari ini, Rabu 12 Januari 2022, diwakili Wagub, meninjau pelaksanaan vaksinasi di Minahasa, tepatnya di Desa Tulap Kecamatan Kombi.

“Tadi saya melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Minahasa lebih tepatnya di Desa Tulap Kecamatan Kombi,” terang Wagub. 


Dalam peninjauan ini, Wagub menekankan pentingnya pelaksanaan vaksinasi. Karenanya, Pemprov Sulut terus mendorong pelaksanaan vaksinasi bagi rakyat Sulut. “Perlu jadi perhatian kita semua bahwa pelaksanaan vaksinasi di Sulut harus terus didorong, agar target 85 persen dapat terealisasi,” ujarnya.


Selain vaksinasi, wagub juga mendorong rakyat sulut agar tetap menjalankan protokol kesehatan (Prokes), sebab prokes merupakan elemen yang sangat penting selama masih ada pandemi COVID-19. Prokes tetap jalan terus meskipun program vaksinasi sudah berjalan seperti saat ini.


“Saya juga mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas,” pungkasnya.


Turut mendampingi Wagub saat itu sejumlah pejabat di antaranya Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala, dan Kadis Kominfo Evans S Liow.(man)