Iklan

February 5, 2022, 17:21 WIB
Last Updated 2022-03-03T01:24:45Z
Mitra

Desa Pisa Siap Sukseskan Program Pemulihan Ekonom, Kumtua Pelango Minta Warga Manfaatkan Lahan Pertanian


Jurnal,Mitra - Pemerintah Desa (Pemdes) Pisa Kecamatan Tombatu Siap Mensukseskan Program Pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi di era Pandemi Covid 19 melalui pendanaan Dana Desa (Dandes) Tahun 2022.


Hukum Tua (Kumtua) Adolf Christofel Pelango, SIP  mengatakan bahwa setelah mendapatkan Evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES) Tahun Anggaran 2022 oleh TIM  Evaluasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), maka pelaksanaan kegiatan pekerjaan Pemberdayaan dan fisik akan ditindaklanjuti untuk suksesnya program pemulihan ekonomi."Setelah dilakukan evaluasi oleh TIM maka kami pemdes akan segera menindaklanjuti semua yang menjadi catatan untuk menjalankan program pemerintah yang difokuskan untuk pemulihan ekonomi," Katanya.


DIirinya menjelaskan dalam pelaksanaan kegiatan akan menjalankan sesuai aturan yang telah diedarkan oleh Kementrian tentang pengunaan Dana Desa tahun 2022."Sesuai intruksi yang sudah diedakan yaitu Dana Desa dari APBN diperuntukkan untuk memulihkan ekonomi dan pemulihan kesehatan yaitu 40% Untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), 20% Untuk Pangan,8% Untuk Penanganan Covid 19. Sisa 32 % untuk kegiatan rutin lainnya. Dana Belanja Desa Kami Sebesar Rp.1.311.838.000 yang telah ditetapkan dalam APBDes Tahun Anggaran 2022,"jelas Pelango.


Untuk itu Kumtua mengharapkan agar warga masyarakat di Desa Pisa dapat memanfaatkan bantuan -bantuan Pemerintah demi pemulihan ekonomi dengan mengarap lahan pertanian dan perkebunan yang merupakan sumber utama mata pencarian masyarakat. "Jangan sampai dana tersebut menjadi mubasir, saya harap warga tingkatkan produksi pertanian untuk ketahanan pangan, agar supaya pemulihan ekonomi akan terwujud, kami Pemerintahan Desa berkewajiban memberikan penegasan agar supaya warga dapat bergerak demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat,"pungkas Pelango.(hak)