Iklan

February 28, 2022, 03:05 WIB
Last Updated 2022-02-28T11:05:05Z
Advetorial

DPRD Sulut Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

JurnalManado - Sesuai hasil rapat Badan musyawarah (Banmus) Pimpinan dan Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah menjadwalkan kegiatan Sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) Pimpinan dan Anggota Dewan Sulut.


Jadwal kegiatan pelaksanaanya di mulai tanggal 15 s/d 28 Februari 2022.

Wakil Ketua Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) doktor J Victor Mailangkay melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) di lokasi Jemaat Advend hari ke Vll di Ranotana- Karombasan Senin dan Jumat pekan lalu dengan komunitas Jemaat Advend hari ke Vll Maasing Kecamatan Tuminting.


Sosper Politisi NasDem menghadirkan nara sumber doktor Merry Kalalo dalam membawakan materi tentang pancasila, UUD 1945, Bhineke Tunggal lka serta NKRI.


Acara sosbang legislator daerah pemilihan (dapil) Kota Manado dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) daerah pemilihan (dapil) Kota Manado Agustin Kambey SPd menggelar kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) di Kelurahan Wenang Selatan Kecamatan Wenang.


Digelar Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Agustin L Kambey SPd di Kelurahan Wenang Selatan Kecamatan Wenang Senin (21/2/2022)


Dalam sosialisasi wawasan kebangsaan legislator daerah pemilihan Kota Manado itu, menghadirkan nara sumber Ferley Kaparang.


Dalam.penjabarannya Kaparang menguraikan terkait Sosbang tersebut, kepada warga Wenang Selatan.


Turut hadir pada acara sosialisasi wawasan kebangsaan Warga Kelurahan Wenang Selatan bersama Lurah dan perangkat, Pala dan warga yang ada disekitar Wenang Selatan.


Warga yang hadir pada saat ini menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPRD Sulut yang telah memberikan materi terkait dengan wawasan kebangsaan sebagai warga negara khususnya di Kota Manado di Kelurahaam Wenang Selatan.


"Kami sebagai warga berterima kasih kepada ibu Dewan yang sudah memberikan materi terkait sosialisasi wawasan kebangsaan kepada warga masyarakat di Wenang Selatan.


Hal ini sangat penting bagi kita sebagai warga negara khusus di Kota Manado di Wenang Selatan untuk memberikan materi terkait wawasan kebangsaan tersebut," ucap wartawan kepada JurnalManado.com Senin (21/2/2022).

Sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Hendry Walukouw SE yang digelar Jumat (24/2/2022).dilokasi pertambangan Desa Tatelu Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara (Minut) bersama tukang ojek di lokasi pertambangan.


Kepada JurnalManado.com personil Komisi l mengatakan, pemahaman tentang sosbang sangat penting sekali diketahui masyarakat terutama tukang ojek yang saat ini sesuai perkembangan dan teknologi secara digital pemahaman tentang wawasan kebangsaan sangat penting dikatahui.


Sebagai wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Minut-Bitung Walukouw menambahkan, jika masyarakat tidak pahami betul makna wawasan kebangsaan. Maka hal ini bisa dimasuki oleh oknum- oknum yang tidak bertanggung jawab yang tidak memahami apa itu wawasan kebangsaan.


Pemahaman wawasan kebangsaan perlu pada kehidupan sehari hari karena, wawasan kebangsaan sebagai salah satu kesatuan wilayah tanah air sebagai bagian yang tidak boleh dipisahkan.


"Saya mengajak kepada masyarakat khusus tukang ojek yang sering melakukan aktifitas dengan mobilitas yang tinggi.  Cepat menerima.informasi ketika ada hal-hal yang menyimpang melanggar aturan yang diaturan dalam Pancasila UUD 1945 dan NKRl harga mati.


Perlu mengetahui terkait dengan pemahaman tentang wawasan kebangsaan yang ada di negara kita,"tegas politisi Partai Demokrat kepada JurnalManado.com

Sementara itu Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah Fanny HB Legoh melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan di Kelurahan Liningaan Tondano Minahasa.


Acara yang di gelar personil Komisi lV itu di gelar Kamis (24/2/2022) itu bersama masyarakat dan perangkat Kelurahan.


Dalam pemaparan wawasan kebangsaan politisi PDIP Sulut menguraikan pentingnya wawasan kebangsaan untuk diketahui masyarakat yang ada di Kelurahan Liningaan Kabupaten Minahasa.

Sementara itu Anggota DPRD Sulut

lr Jems Tuuk melakukan sosialisasi kebangsaan (Sosbang) di Desa Batu Merah Kecamatan Sangtombalang Bolaang Mongondouw (Bolmong) Sabtu (19/2/2022).


Acara yang dihadiri masyarakat tokoh masyarakat dan tokoh agama, politisi PDIP Sulut itu memberikan penjelasan soal penting sosialisasi wawasan kebangsaan bagi masyarakat di Desa Batu Merah Kecamatan Sangtombolang Bolaang Mongondouw.

Sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Toni Supit melaksanakan sosbang di Kepuluan SITARO di Tagulandang.


Nara sumber dalam sosialisasi ini adalah Assisten ll Pemkab SITARO dalam menjelaskan pentingnya wawasan kebangsaan di tengah masyarakat khususnya di Kepuluan Tagulandang. Sosbang personil Komisi lll ini digelar Rabu (24/2/2022).

Anggota Dewan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) daerah pemilihan Kabupaten Minahasa Utara (Minut).Melky J Pangemanan (MJP) melakukan sosialisasi  wawasan kebangsaan (Sosbang) Potret wajah Sulawesi Utara menjadi contoh satu – satunya Provinsi di Indonesia dengan tingkat toleransi yang tinggi serta merupakan simbol kerukunan antar umat beragama dan budaya yang ada.


Hal ini dikatakan Anggota DPRD Sulut Melky Jakhin Pangemanan (MJP) saat menggelar kegiatan Sosialisasi Kebangsaan (Sosbang) di Kelurahan Manembo-nembo, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Jumat (18/2/22).


Dikatakan MJP, kegiatan sosialisasi kebangsaan yang diinisiasi DPRD Sulut ini begitu penting untuk terus memperkuat nilai – nilai kebangsaan dalam dalam menangkal berbagai isu – isu yang bisa menjadi potensi memecah belah kerukunan di daerah ini.


“Ini juga sekaligus menjadi tanggung jawab moril kami di DPRD Sulut

untuk terus mensosialisasikan nilai – nilai kebangsaan, tetapi juga bagaimana mengedukasi publik untuk terus memperkuat kebersamaan, kesatuan ditengah kepelbagaian, ditengah pluralisme yang ada di Sulawesi Utara, ” tandas anggota komisi 4 DPRD Sulut yang berasal dari Dapil Minut – Bitung ini.

Dalam setiap kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan Sekretaris Dewan (Sekwan) Glady Kawatu SH MSi melakukan monitoring kegiatan bersama jajaran, kepala bagian (Kabag), Kepala Sub Bagian (Kasub) ASN dan THL di lingkungan Sekretariat Dewan Sulut. (ADV/tino)