Iklan

March 30, 2022, 04:07 WIB
Last Updated 2022-04-07T08:59:05Z
Advetorial

DPRD Sulut Gelar Reses

Ketua DPRD reses di Desa Lahopang

JurnalSiau - Jadwal reses atau bertemu konstituen di daerah pemilihan di maanfatkan sebaik-baiknya untuk menerima aspirasi rakyat.

Ketua Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr Fransiscus Andi Silangen (FAS) SpB KBD menggunakan waktu tersebut, untuk bertemu dengan konstituennya di Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro). Tepatnya di Kampung Lahopang Kecamatan Siau Timur dan Kecamatan Siau Barat.

Aspirasi diterima legislator daerah pemilihan (dapil) Sitaro,Sangihe,Talaud dalam reses tersebut. Politikus PDI Perjuangan ini mengatakan, berbagai sektor jadi perhatian. 

Dimulai dari infrastruktur. Diungkapkan Silangen, masyarakat meminta pembangunan jalan akses ke bandara. 

Ini tentu akan jadi perhatian kami. Karena akses ke bandara sangat penting,” jelas Silangen. Selanjutnya, masyarakat menyinggung normalisasi sungai dan talud pengaman bantaran sungai. “Aspirasi ini akan diteruskan ke instansi teknis,” tambahnya.

Di samping talud dan normalisasi sungai sektor pendidikan juga diterima sebagai aspirasi. Yakni mengenai sarana dan prasarana pendidikan SMA dan SMK di Siau. “Sesuai kewenangan SMA dan SMK berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi. 

Tentu akan saya sampaikan ke Dinas Pendidikan,” tukasnya. Masalah lain yang muncul yakni BBM serta jaringan telekomunikasi. “Semua aspirasi yang masuk sudah saya catat. Dan akan dimasukkan ke SIPD juga bakal saya perjuangkan sesuai dengan tugas DPRD provinsi,” kunci Silangen.

Wakil Ketua DPRD Sulut DR J Victor Reses di Kelurahan Lapangan

JurnalManado - Reses atau bertemu konstituen di daerah pemilihan (dapil) Kota Manado, Wakil Ketua Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) DR J Victor Mailangkay di gelar

Rabu, 23 Maret 2022.


Politisi Partai NasDem Sulut ini menerima banyak aspirasi warga di Kelurahan Lapangan Kota Manado. 

Serap Aspirasi yang dilakukan Ketua Partai NasDem Sulut ini di Kantor Kelurahan Lapangan Kota Manado.


Reses kali ini politisi tulen ini mendengar dari Lurah Lapangan Trintje Amik dan ketua lingkungan 1-6, Aspirasi yang diterima mengenai penerimaan pegawai di bandara, penerimaan tantama kalau boleh di berikan ruang bagi warga Kelurahan Lapangan, dan penyediaan air bersih. 


Keluhan yang diserap itu, sebagai wakil rakyat tentunya akan disampaikan dan sekaligus akan dianggarakan dalam APBD sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.


"Saya akan teruskan ke yang berwenang dan tentunya di perjuangkan baik dalam wilayah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) sampai wilayah Pemerintah Kota (Pemkot) Manado," tegasnya kepada JurnalManado.com

Reses di Rinondoran, MJP Banyak Terima Aspirasi


JurnalMinut  - Persoalan tapal batas Desa, pembuatan tanggul sungai, dan perbaikan drainase sepanjang pinggiran jalan raya. Terakhir persoalan penerangan sepanjang jalan Desa Rinondoran.Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara (Minut) saat ini dalam keadaan mati, diharapkan agar dapat segera di perbaiki.


Di bidang pendidikan, aspirasi yang saya terima sarana bagi sekolah TK dan PAUD, karena sebagai sekolah awal para generasi bangsa, TK/PAUD yang ada saat ini minim fasilitas penunjang kegiatan belajar-mengajar.


Aspirasi ini yang di serap saat reses atau bertemu konstituen Anggota Dewan peewakilan rakyat daerah  (DPRD) Provonsi Sulawesi Utara  (Sulut) Melky Jakhin Pangemanan (MJP) di Desa Rinondoran Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara.


 “Saya akan membawa aspirasi-aspirasi masyarakat ke gedung DPRD dan menyampaikannya kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.


 Saya akan berjuang dan mengawal semua aspirasi yang masuk demi kepentingan masyarakat dan daerah,” tegasnyanya kepada JurnalManado.com Selasa 29 Maret 2022.


MJP melaksanakan reses dengan menerapkan protokol kesehatan. Sejumlah aspirasi yang diterima MJP di antaranya permasalahan infrastruktur yang sampai saat ini belum juga selesai.

Raski Reses di Desa Tadoy


JurnalBolmong - Reses atau bertemu konstituen Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Raski A Mokodompit di Desa Tadoy, Kecamatan Bolaang Timur Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong). 


Aspirasi yang diserap Pertama, Pemerintah dan Masyarakat Desa Tadoy berterima kasih dengan adanya pembangunan sarana umum berupa pemasangan jalan paving blok. 


Dimana jalan yang rusak parah ini dan didalamnya ada Pondok Pesantren akhirnya sudah diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam 2 tahun terakhir ini.


Kedua, masyarakat juga mempertanyakan langkanya bibit jagung, yang sampai saat ini petani susah mendapatkan bibit jagung dan kiranya hal ini bisa mendapat perhatian serius dari dinas pertanian Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).


Aspirasi yang diserap akan disampaikan dalam kepada Pemerintan Provinsi Sulut, untuk dapat menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan kepadanya sebagai wakil rakyat di Daerah pemilihan (dapil) Bolmong.

Warga Mopolo Curhat ke Stella Runtuwene

JurnalMinsel- Reses atau bertemu konstituen Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Stella Runtuwene di Desa Mopolo Esa Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Reses Sekretaris Komisi lll itu di gelar Selasa (22/4).

Legislator daerah pemilihan (dapil) Mitra-Minsel itu menyerap aspirasi yang diterima dimasyarakat seperti persoalan sangat mendesak terkait ruas jalan Mopolo – Powalutan yang sangat rawan bencana tanah longsor khususnya di titik Walepongkor.


Hal ini menjadi keluhan warga yaitu Tampemawa dimana dampak dari aktifitas tambang ilegal tersebut menjadi penyebab utama terjadinya longsor mengakibatkan ruas jalan Mopolo – Powalutan tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Parahnya lagi, dampak dari longsor tersebut berimbas terjadinya banjir bandang yang menimpa puluhan rumah warga Mopolo Esa yang terjadi awal Maret lalu.

Aspirasi lasin yang diterima politisi partai NasDem itu aspirasi dari Sekretaris Desa (Sekdes) Mopolo Esa Devi Pangkey berharap, Legislator Stella Runtuwene dapat memperjuangkan pembangunan bronjong untuk memperkuat struktur tanah di pinggiran sungai sekaligus sebagai penahan banjir.

 Pangkey berharap bantuan di bidang pendidikan Pemerintah bisa membantu pembangunan talud di lokasi SMPN 4 Ranoyapo Mopolo.

Pasalnya, lokasi sekolah yang berada di daerah rawan longsor terancam amblas bila tidak diperkuat dengan talud.

Menyikapi aspirasi masyarakat, Runtuwene berjanji akan memperjuangkan hal tersebut, melalui instansi terkait apalagi menyangkut infrastruktur yang merupakan domain komisi III.

Ia juga mengaku prihatin terjadinya bencana tanah longsor dan banjir bandang, bahkan dengan tegas ia meminta Pemerintah segera melakukan tindakan penutupan lokasi PETI yang sangat merugikan masyarakat.

”Saya berharap Pemerintah tidak menutup mata melihat keluhan masyarakat Desa Mopolo karena imbas dari penambangan ilegal masyarakat yang jadi korban. 

Bagi saya, masalah ini sangat serius apabila dibiarkan efeknya bukan kali ini saja, tapi juga berdampak dan mengancam keselamatan masyarakat di kemudian hari.

 Persoalan ini akan saya tindak lanjuti dengan terkait ESDM dan Dinas PUPR Sulut. ” tegas Runtuwene kepada JurnalManado.com Kamis (24/3/2022)

Keprihatinan atas bencana di Desa Mopolo Esa, Runtuwene ikut menyerahkan bantuan sembako bagi warga terdampak banjir bandang yang terjadi baru – baru ini.

John Panambunan Reses di Tanggari 

Reses Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sukawesi Utara (Sulut) John Panambunan di Desa Tanggari Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Anggota DPRD Sulut didampingi tim.monitoring dari Sekretariat Dewan (Sekwan) Sulut, Kepala Sub Bagian (Kasub) Jusman Etjharau. Menerima aspirasi terkait pemadaman listrik dan air bersih.

Reses Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Brian Waleleng yang juga Ketua Komisi lV. 



Politisi Partai NasDem ini menerima aspirasi di Deaa Urongo Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa. Aspiranya Jalan lingkar danau Tondano, Pembatas jalan.

Warga Kembes Mengeluh ke CNR

JurnalMinahasa - Bertemu konstituen atau menyerap aspirasi Ketua Badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulaeesi Utara (Sulut) Careig N Runtu (CNR) di Desa Kembes Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa.


Reses yang di gelar Kamis (24/3/2022) banyak aspirasi yang dserap Wakil Ketua Komisi lV itu, antara lain soal  jalan di Kembes ll belum diperhatikan. 

Masalah BPJS, dana untuk pemilihan hukum tua  (Pilhut), serta keluhan lainnya seperti soal pupuk dan terkait minyak goreng. 

Menggapi hal itu, legislator daerah pemilihan (dapil) Tomohon -Minahasa itu mengatakan, Desa Kembes ini sudah sering didatangi.

Dektahui, reses kewajiban anggota DPRD Sulut, berkomunikasi dengan masyarakat dan dengarkan masukan, pendapat dari masyarakat di dapil. 

"Saya personel Komisi lV yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat. Paling banyak mitra kerja bahkan instansi vertikal, semua perguruan tinggi di Sulut dan berkaitan dengan kesehatan dan lainnya. 

Saya datang bertatap muka untuk mendengar apa yang jadi harapan, masukan dari masyarakat Tombulu khususnya di Desa Kembes. 

Tahun ini dianggarkan untuk jalan di Tombulu 6 miliar rupiah. Luar biasa perhatian Pemerintah Gubernur Pak Olly da Wakil Gubernur Pak Steven.

Kalau Bicara partai memang kita berbeda. Namun karena ini tuntutan Undang-undang, Gubernur bersama DPRD, sehingga tugas bersama ini bisa berjalan bersama. 

Tentu ada yang menjadi tanggung jawab pemerintah Kabupaten, Provinsi dan juga Pusat. Dalam.pelaksanaan resed di enam daerah pemilihan (dapil) Sekretaris Dewan (Sekwan) sejumlah Kepala bagiam (Kabag) dan Kepala Sub Bagian (Kasub) melakukan monitoring kegiatan di enam dapil ini. (ADV/ tino)