Iklan

April 6, 2022, 08:09 WIB
Last Updated 2022-04-06T15:09:42Z
Mitra

182 KK Dan 5 Rumah Rusak Di Desa Buku Selatan Terdampak Luapan Sungai Wowesen


Jurnal,Mitra - Curah hujan yang tinggi mengguyur wilayah Minahasa Tenggara (Mitra) mengakibatkan Sungai Wowesen di Kecamatan Belang meluap sampai ke rumah warga. Diketahui ada 8 Desa yang terdampak banjir dan tergenang air, Rabu 6/4/22.


Luapan sungai wowesen tersebut sangat terdampak di Desa Buku Selatan. Hukum Tua Suryadi Ilolu ketika di hubungi menjelaskan bahwa ada Sekitar 182 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya tergenang air bahkan barang dan peralatan Rumah Tangga yang Rusak serta 5 Unit Rumah yang Rusak."Jumlah jiwa mencapai 585 yang terdampak, saat ini warga mengungsi di Kantor dan Balai Pelatihan Desa serta desa-desa tetangga,"jelasnya.


Lebih lanjut dirinya menghimbau kepada warga agar tetap bertahan berada di titik-titik pengungsian yang aman mengingat jangan sampai ada banjir susulan."Kami sudah berkordinasi dengan pemerintah kecamatan serta pemerintah kabupaten sudah turun langsung yang dipimpin Asisten 1 pak Arnold Mokosolang serta BPBD,"kata Ilolu.


Untuk itu dirinya berharap agar Sungai Wowesen dapat perhatian khusus oleh pemerintah untuk memberikan rasa nyaman dan tidak kwatir lagi kepada warga masyarakat Desa Buku Selatan ketika hujan."Setiap kali curah hujan menguyur wilayah mitra sungai wowesen selalu meluap, apalagi desa Buku Selatan yang berada tepat di aliran sungai,"harap Ilolu.(hak)


DATA KK TERDAMPAK BANJIR SUNGAI WOWESEN DESA BUKU SELATAN KEC. BELANG

~ JUMLAH KK YG TERDAMPAK : 182 KK

~ Jumlah Jiwa yg terdampak : 585 Jiwa

~ Jumlah Rumah Yang Rusak

1. Kel. Bernik Pasuhuk ( Rumah Rusak Berat)

2. Kel. Juen Pasuhuk

3. Kel. Roy Pakaya Robby

4. Kel. Yani Yuga Mamonto

5. Kel. Rahmat Lendeon Umboh