Iklan

April 19, 2022, 17:31 WIB
Last Updated 2022-04-20T00:31:57Z
BitungDinamikaUtama

Buka Kompetisi Mading Digital se-Sulut, Rio : Inrernet dan Digital Sangat Berpengaruh


Jurnal Manado-Ketua DPD KNPI Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) Rio Dondokambey BS membuka Kompetisi Mading Digital se-Sulut di Aula SMAN 1 Bitung Kota Bitung Sulut, Selasa (19/04/2022).

Menurut Rio Dondokambey dunia digital saat ini sangat relevan dengan pelaksanaan Kompetisi Mading Digital, dengan tema creation and creativity to creat inspiring literacy (kreasi dan kreativitas untuk mewujudkan literasi yang inspiratif).

"Bitung Kota Digital yang tengah dilakukan oleh pemerintah kota Bitung, sudah sangat relevan dengan kompetisi mading digital.

Internet dan digital sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-sehari, apalagi saat ini sudah era revolusi industry 4.0, internet bagian dari kehidupan kita,” kata sosok familiar yang juga Ketua Komisi Pelayanan Pemuda Sinode GMIM (KPPSG),

Menurutnya, pergerakan digital terus bergulir dimana saat revolusi industry 4.0 lalu akang menyongsong society 5.0.

Lanjut pemuda yang juga Ketua KADIN Sulut ini era revolusi industry 4.0 internet sudah terintegrasi namun masih ada penyesuaian, tapi di society 5.0 nanti sudah ada ekspektasi bahwa internet dan industry digital sudah merupakan bagian tidak terpisahkan dengan digital.

"Lewat sosial media (sosmed) facebook, Instagram, tweeter dan lainnya, sudah 99 persen ada dalam genggaman generasi muda masa kini," tandas pemuda jebolan universitas di Amerika Serikat itu.

Rio Dondokambey saat membuka Kompetisi Mading Digital se-Sulut di Aula SMAN 1 Bitung Kota Bitung, Selasa (19/04/2022.


Diberi contoh, saat ini ketika akan order makanan lewat gofood dan grab, begitu juga ketika akan pergi kemana pasti akses aplikasi grab dan gojek.

“Digital akan menjadi satu kesatuan dan tidak bisa di tolak. Termasuk dengan Mading Digital menjadi bagian tak terpisahkan lagi dan bagian dari digital, karena  mading ini sangat bergenggsi semua akan tampil hingga terkenal.

Apalagi sudah online, jika karya atau kontennya bagus bisa viral dan terkenal kemana-mana,” kata dia.

Dirinya menaruh apresiasi yang tinggi ke pihak SMAN 1 Bitung khususnya pengurus Osis, yang sudah menggagas kompetisi Mading Digital, agar bisa melatih dan membiasakan para generasi muda dengan perkembangan zaman lewat digital.

Menurutnya, dalam perkembangannya nanti di kemudian hari akan hadir aplikasi – aplikasi baru dan kebiasaan baru muncul generasi muda harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, serta siap berjuang untuk bersaing dengan situasi di lapangan.

“Mereka yang belum melek digital nantinya akan tertinggal. Sehingga haru beradaptasi dengan perkembangan zaman dan berjuang mencari tau tentang digital yang positif,” tambah Rio yang berharap, ke depan apa yang telah dilakukan SMAN 1 Bitung bisa menjadi contoh di SMA lainnya serta tingkat SD dan SMP lainnya.

"Ini merupakan awal yang baik, karena sebagai generasi muda tidak hanya hari ini melainkan terus menerus. Dan lewat satu pijakan yang baru, generasi muda akan temukan jalan hidupnya, cita-citanya serta apa yang di inginkan ke depan," pungkas putra sulung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dengan Ny Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan itu.

Adapun kegiatan ini digagas Osis SMAN 1 Bitung adalah satu perlombaan internal SMAN 1 Bitung dan antar SMA SMK se Provinsi Sulawesi Utara.

Kompetisi Mading Digital, digagas oleh pengurus Osis SMAN 1 Bitung adalah satu perlombaan internal SMAN 1 Bitung dan antar SMA SMK se Provinsi Sulawesi Utara.(*/ifa)