Iklan

May 24, 2022, 05:30 WIB
Last Updated 2022-05-24T12:30:46Z
EkonomiMitra

BSG Cabang Ratahan Kelola Kasda Online Desa, PABPDSI : Kabupaten Mitra Jujur Dalam Pengelolaan Keuangan


Jurnal,Mitra - Pengelolaan Keuangan Dana Desa (Dandes) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mendapatkan pujian dari Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI) dan Persatuan Perangkat Desa Se Indonesia (PPDI).


Wakil Ketua Umum Pusat Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI) Sonny Pondalos mengatakan dari semua kabupaten kota se Sulut  satu-satunya yang melakukan sistem Non Tunai adalah Kabupaten Mitra."Sistem Kasda Online Membuat Kabupaten Mitra jujur dalam pengelolaan keuangan,"ungkapnya Selasa 25/5/22.


Pondalos juga menambahkan suksesnya program Non Tunai tersebut tidak lepas dari peran Bank SulutGo Cabang Ratahan dalam mengelola Kasda Online Desa."Peran BSG juga sangat membantu sehingga pengelolaan keuangan di desa sangat baik,"ujar Ketua PABPDSI Mitra yang juga Ketua BPD Betelen.


Senada disampaikan Ketua PPDI Kabupaten Mitra Defry Tiow menyampaikan bahwa dengan adanya sistem Kasda Online Desa sangat membantu Pemerintah Desa (Pemdes) dalam pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel."ini merupakan yang pertama di Sulut, dan sangat membantu Pemdes, Pihak BSG juga sangat membantu sehingga memudahkan kami dalam proses pencairan dana desa yang aman dan terhindar dari bentuk penyalahgunaan dana,"terang Sekdes Ponosalam Indah.


Sementara itu Kepala BSG Cabang Ratahan Evelin Wungkar menegaskan bahwa pihaknya mendukung pengelolaan dana desa melalui Sisten Kasda Online Desa."Pada prinsipnya BSG Cabang Ratahan mendukung pengelolaan keuangan dana desa sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku,"tegasnya.


Dirinya juga menambahkan bahwa aplikasi Kasda online merupakan bentuk kepedulian BSG dalam mendukung program pemerintah kabupaten mitra."Dalam pengelolahan keuangan secara jujur dan transparasi lewat aplikasi kasda online,  secara mekanisme yang berlaku sebagai bentuk layanan yang memudakan legitimasi atau keapsahan dari struktur pemerintahan desa serta meberikan kemudahan bertaransaksi lebih efisen untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten mitra.(hak)